Fenomena Super New Moon, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob Pesisir Jawa Barat 

Icon CameraArif Budianto
Selasa 17 Januari 2023 16:30 WIB
Fenomena Super New Moon, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Rob Pesisir Jawa Barat 
Fenomena Super New Moon. (IlustrasiPexels)

BANDUNG, celebrities.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi banjir rob di pesisir utara dan selatan Jawa Barat mulai hari ini hingga Kamis (17 - 19 Januari 2023). Banjir rob bisa menyebabkan gelombang laut hingga 3 meter. 

Laporan BMKG, potensi terjadinya banjir rob hampir merata di semua pesisir di Indonesia, termasuk laut selatan dan utara Jawa Barat. Walaupun belum bisa diprediksi kapan terjadinya banjir rob, namun BMKG memperingatkan selama periode tiga hari, Selasa hingga Kamis. 

"Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu hari dan jam di tiap wilayah, secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," ucap Kepala BMKG Teguh Rahayu, Selasa (17/1/2023). 

Banjir rob ini terjadi akibat fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee atau dikenal dengan jarak terdekat bulan ke bumi pada tanggal 21 Januari 2023. Fenomena ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. 

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," katanya. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2