Festival Teh dan Kopi Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Solok Selatan

Jefli Oktari
Minggu 31 Juli 2022 13:16 WIB
Festival Teh dan Kopi Jadi Daya Tarik Wisata Baru di Solok Selatan
Festival Teh dan Kopi, jadi daya tarik pariwisata di Solok Selatan. (Foto: Freepik)

SOLOK SELATAN, celebrities.id - PT Mitra Kerinci bersiap memproduksi perkebunan teh organik di kabupaten Solok Selatan (Solsel). Hal itu diungkapkan Direktur PT Mitra Kerinci Arief Maulana Yamin ketika pelaksanaan Festival Teh dan Kopi Sarantau Sasurambi, Sabtu, 30 Juli 2022 di Cafe Liki.

"Di lingkungan penyangga kita juga memiliki peternakan sapi dan dari kotoran dikembangkan menjadi kompos yang dimanfaatkan sebagai pupuk. Harapannya ke depan kita memproduksi teh yang benar-benar organik," katanya.

Pihaknya mengaku sedang dalam proses ke arah produksi teh organik dan mekanisme yang ditempuh juga cukup banyak. Seperti, proses sertifikasi dan mekanisme lain yang harus dilewati.

"Apabila produksi teh sudah organik tentunya juga bakal meningkat harganya di pasaran," ujarnya.

Dia mengatakan, helatan Festival Teh dan Kopi Sarantau Sasurambi dapat tanggapan positif dari segenap unsur Pemkab Solsel, DPRD dan didukung Gubernur Sumbar.

"Festival ini tidak hanya sekedar festival tapi bagaimana memberikan edukasi dan memperkenalkan cara meminum teh yang baik kepada masyarakat karena selama ini edukasinya kurang," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga berharap dengan terselenggaranya Festival Teh dan Kopi ini bisa mendongkrak penjualan dipangsa pasar ekspor dan juga ada dihati masyarakat Solsel dan Sumbar secara umum," katanya.

Menurutnya, selain itu pihaknya juga menjaga konservasi lingkungan yang ada sebaik mungkin karena sebagai penyangga Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

"Teh Liki juga sudah hadir di sejumlah titik pariwisata yang ada di Sumbar maupun luar dan ini bukti dari teh Liki sudah mendunia," katanya, Sabtu (30/7/2022).

Bupati Solsel, H.Khairunas mengatakan Festival Teh dan Kopi ini salah satu bentuk peningkatan produktivitas dan pengembangan UMKM di Solsel sesuai visi misi kepala daerah yang dituangkan dalam RPJMD.

"Kegiatan ini salah satu program kolaborasi program pemerintah daerah dengan PT Mitra Kerinci, Pegiat Teh dan Kopi serta semua pelaku UMKM," katanya.

Bupati berharap bisa memberikan dampak pengembangan ekonomi terutama pelaku UMKM dan meningkatkan sektor pariwisata yang memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat.

"Insya Allah festival ini akan dijadikan sebagi agenda tahunan di Solsel sebagai sarana promosi komoditas unggulan Solsel dan daya tarik pariwisata," ucap Khairunas.

 

1
/
2