7 Film Bioskop Terbaik Edisi 17 Agustus 2022, dari Soekarno hingga Bumi Manusia

Sri Lestari Rahayuningtyas
Minggu 14 Agustus 2022 11:35 WIB
7 Film Bioskop Terbaik Edisi 17 Agustus 2022, dari Soekarno hingga Bumi Manusia
Film bioskop terbaik edisi 17 Agustus 2022, salah satunya Seokarno. (Foto: celebrities.id/Instagram @kumbang_selatan)

JAKARTA, celebrities.id - Film bioskop terbaik edisi 17 Agustus 2022 ini bisa Anda jadikan referensi nonton bersama keluarga lho. Jalan cerita yang menarik bisa menambah wawasan pula.

Perayaan 17 Agustus memang identik dengan perlombaan. Namun, menonton film bisokop edisi 17 Agustus 2022 pun tak ada salahnya.

Melansir dari beragam sumber, Minggu (14/8/2022), berikut inilah rekomendasi film terbaik yang ada kaitannya dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Film Bioskop Terbaik Edisi 17 Agustus 2022

1. Sang Pencerah (2010)

Sang Pencerah merupakan film garapan Hanung Bramantyo diambil dari kisahnya nyata KH Ahmad Dahlan, yang mengisahkan pendiri Muhammadiyah. Film ini melibatkan pemain bintang seperti Lukman Sardi, Yati Surachman, Giring Ganesha, Zaskia Adya Mecca, hingga Sujiwo Tejo.

Cerita menarik dan memiliki makna yang mendalam tentang nila-nilai perjuangan melawan penjajah, ditambah memperbaiki ajaran yang keliru tentang pemahaman agama di kampung. Pada tahun 2010, film ini mendapat penghargaan di Jakarta International Film Festival (JIFFest) ke-12 karena ceritanya menarik dan makna mendalam tentang nilai-nilai perjuangan.

2. Soekarno (2013)

Film yang diperankan Ario Bayu dan dibintangi Lukman Sardi dan Maudy Koesnaedi ini, menceritakan tentang perjalanan hidup Soekarno. Film yang syarat akan adegan-adegan nilai perjuangan ini berdurasi 137 menit.

Jalan cerita yang begitu apik, maka pada tahun 2014 meraih penghargaan Film Terpuji di Festival Film Bandung. Dengan nilai semangat juang kemerdekaan, film ini sangat cocok untuk menikmatinya bersama keluarga.

3. Tjokroaminoto (2015)

Film ini disutradarai Garin Nugroho, dengan aktor ternama seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, dan Sujiwo Tejo. Film ini mengisahkan tentang guru bangsa yang berhasil mendidik para tokoh pemimpin bangsa.

4. Battle of Surabaya (2015)

Film Battle of Surabaya merupakan animasi 2 dimensi, berbeda dengan dua film sebelumnya. Film ini disutradarai Aryanto Yuniawan, serta diproduksi MSV Pictures.

Film Battle of Surabaya mengisahkan Musa, seorang tukang semir sepatu, kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo, dalam pertempuran 10 November 1945. Film ini mendapat berbagai penghargaan.

5. Kartini (2017)

Film Kartini dirilis sekitar pertengahan tahun 2017, serta diproduseri Hanung Bramantyom yang menghadirkan pejuang emansipasi wanita dengan wajah berani, kuat, dan cerdas.

Mendapat peran dari Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti. Film Kartini meraih penghargaan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2017.

6. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Film ini menceritakan tentang Sultan Agung, diperankan Ario Bayu yang gagah berani serta ambisius. Juga keberaniannya menentang VOC dengan menyerang langsung Batavia.

Film yang dirilis tahun 2018 ini, juga memiliki tanggung jawab untuk mempersatukan adipati Jawa yang terpecah belah akibat VOC. Sultan Agung berjuang melindungi tanah air, serta harus rela mengorbankan cinta sejatinya Lembayung, yang diperankan Putri Marino, terpaksa harus menikahi perempuan ningrat yang bukan pilihannya.

7. Bumi Manusia (2019)

Terakhir adalah fillm Bumi Manusia, disutradarai Hanung Bramantyo, dibintangi Iqbal Ramadhan dan Mawar de Jongh. Film ini berhasil menyabet berbagai penghargaan seperti Sutradara Terpuji, Skenario Terpuji, Pemeran Terpuji, pada Festival Film Bandung.

Film ini diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, yang berjudul Bumi manusia. Kisah seorang pemuda bernama Minke yang jatuh cinta dengan Annelies, seorang wanita keturunan Belanda dan Pribumi.

Editor : Endang Oktaviyanti