Film Horor Indonesia Semakin Berjaya, Rizal Mantovani dan Garin Nugroho Ajak Industri Film Terus Berbenah

Icon CameraNurul Amanah
Rabu 11 Januari 2023 10:19 WIB
Film Horor Indonesia Semakin Berjaya, Rizal Mantovani dan Garin Nugroho Ajak Industri Film Terus Berbenah
Film KKN di Desa Penari jadi horor terlaris sepanjang masa. (celebrities.id/Instagram/ KKN Movie)

JAKARTA, celebrities.id - Genre horor di industri perfilman Tanah Air terasa sangat bergeliat. Belakangan, beragam judul film horor mampu membuat rekor penayangan yang luar biasa.

Sebut saja film ‘KKN Desa Penari’ berhasil dinobatkan sebagai film terlaris nomor satu di Indonesia. Bukan tanpa sebab, film yang diadaptasi dari utas Twitter Simple Man itu mampu meraih penonton sebanyak 9,2 juta selama 75 hari penayangannya di bioskop. 

Bahkan, setelah dihadirkan dalam versi extended atau lebih panjang pun, ‘KKN di Desa Penari’ sukses menggenapkan jumlah penotnon hingga 10 juta!

Melihat fenomena tersebut, sutradara Rizal Mantovani yang dicap sebagai pengarah film langganan sinema horor mengaku ikut senang. Pasalnya, film horor yang disajikan pun tak lagi melulu menjual cerita seram yang menakut-nakuti penonton semata, melainkan ada bentuk lain yang disajikan, seperti salah satu yang dicontohkannya adalah film ‘Qodrat.’

"Qodrat keren banget, saya suka banget, maksudnya horornya udah macem-macam, horor action, horor ini, itu, bagus juga. Jadi saya seneng sih bahwa sekarang horor berbentuknya tuh udah mencari bentuk-bentuk yang lain," kata Rizal Mantovani saat dijumpai di kawasan Cikini, beberapa waktu lalu

Sutradara film fenomenal ‘Jelangkung dan Kuntilanak’ itu pun melihat ada perubahan pola pikir rekan sesama sutradara. Menurutnya, kini para sutradara dalam membuat karya mengedepankan aspek yang berbeda, bukan hanya berangkat dari keinginan membuat film horor saja.

"Teman-teman saling bikin 'bikin apa yang beda ya', itu yang keluar duluan tuh, bukan 'horor yuk'. Saya seneng banget sih perubahan itu," ujarnya.

Di sisi lain, dia mengaku cukup prihatin melihat film genre lain yang cenderung kurang diminati.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2