15 Film Kisah Nyata Adaptasi Terbaik, Lawrence of Arabia Masuk 10 Nominasi Oscar

Andaru Danurdana
Kamis 25 November 2021 09:28 WIB
15 Film Kisah Nyata Adaptasi Terbaik, Lawrence of Arabia Masuk 10 Nominasi Oscar
Film Kisah Nyata. (Foto: celebrities.id/kawa-news.com)

JAKARTA, celebrities.id – Film kisah nyata menghadirkan sensasi tersendiri. Salah satunya karena membawa semua perasaan yang bercampur aduk, mulai sedih hingga bahagia.

Kisah-kisah ajaib yang menimpa sosok-sosok dunia nyata pun tak jarang diadaptasi menjadi sebuah film, demi mengabadikan apa yang terjadi.

Selain menjadi media untuk membuat sebuah kisah unik menjadi abadi, film yang mengadaptasi kisah nyata juga biasanya berfungsi sebagai media untuk mempelajari momen-momen atau sosok-sosok penting yang telah berlalu. Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (25/11/2021) berikut ini referensi 15 film kisah nyata yang bisa ditonton.

1. North Face

Film North Face berfokus pada dua pendaki gunung asal Jerman yang berkompetisi memanjat salah satu sisi gunung batu paling berbahaya di dunia yang disebut sebagai north face.

Meski menampilkan tokoh-tokoh fiktif, film ini diangkat dari kejadian nyata musibah pendakian tahun 1936 yang menyebabkan tewasnya lima pendaki akibat cuaca buruk, batu longsor dan badai es.

2. Schindler’s List

Merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa, Schindler’s List karya Steven Spielberg berfokus pada kisah holocaust alias pembasmian kaum Yahudi besar-besaran oleh Nazi Jerman.

Film ini mengisahkan tentang seorang pebisnis bernama Oskar Schindler yang mati-matian berusaha membantu para Yahudi kabur dari tangkapan Nazi dan membuat daftar nama orang-orang yang telah dia selamatkan.

3. 12 Years a Slave

Genre adaptasi kisah nyata tentunya tak lengkap tanpa film tentang perbudakan kulit hitam di Amerika abad ke-19. Meskipun lahir dari keluarga kulit hitam yang sudah dibebaskan, Solomon Northup diculik dan dipaksa menjadi budak selama 12 tahun di perkebunan kapas Louisiana. 

Diangkat dari memoir berjudul sama, film ini berhasil kembali membuka mata dunia mengenai perbudakan yang sempat terjadi di Amerika.

4. The Revenant

Hugh Glass adalah seorang petualang yang hidup dari tahun 1783 hingga 1833. Suatu hari, ketika sedang berkemah, Hugh dan rekan-rekannya diserang oleh seekor beruang yang menyebabkan dia terluka parah. 

Menganggap bahwa Hugh tak akan selamat, teman-temannya pun meninggalkannya untuk mati. Namun, berkat tekad besar untuk membalas dendam pada rekan-rekannya yang meninggalkannya, Hugh berasil bertahan hidup selama enam pekan dan pulang ke rumah.

5. Goodfellas

Mengusung tema gangster, Goodfellas merupakan film biografi dari seorang Henry Hill mantan mafia yang berhasil ‘kabur’ dari keluarganya. 

Film ini berfokus pada masa peralihan di hidup Henry dimana dia menjadi informan polisi setelah bertahun-tahun menjadi anggota gangster. Disutradarai Martin Scorsese, film ini tentunya menjadi pondasi dari film-film gangster elit masa kini.

6. The Irishman

Masih dari Martin Scorsese, The Irishman merupakan adaptasi dari buku biografi Frank Sheeran, seorang pembunuh bayaran anggota mafia Italia. Berhasil mengangkat kejadian nyata ke dalam film panjang yang intense, film ini pun meraih banyak penghargaan setelah rilis pada tahun 2019 silam.

 

1
/
2