10 Film Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Sulit Ditebak

Ahmad Haidir
Sabtu 01 Januari 2022 16:10 WIB
10 Film Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa, Ceritanya Sulit Ditebak
Film Plot Twist terbaik. (Foto: IMDB)

JAKARTA, celebrities.id – Film plot twist terbaik memiliki jalan cerita aspek yang menentukan kualitas dan seberapa menghiburnya sebuah film untuk disaksikan. Semakin menarik kisah dan alur yang tertuang dalam film, semakin puas penonton menyaksikannya. 

Membahas tentang jalan cerita film, seringkali para sineas memberikan efek kejut dengan menghadirkan plot twist. Hal ini juga kerap menjadi satu aspek yang sangat disukai oleh penonton karena membuat film tidak membosankan. 

Ada banyak film yang menghadirkan plot twist, namun berikut ini daftar 10 film dengan plot twist terbaik sepanjang masa yang sulit ditebak. Dilansir dari MovieWeb, Sabtu (1/1/2021), berikut ulasannya.

10. The Others (2001)

The Others adalah film horor dmenyeramkan yang akan membuat Anda menebak-nebak sampai akhir, dimana menceritakan tentang sosok Grace (Kidman) dan dua anaknya yang menunggu kembalinya suami dan ayahnya menjelang akhir Perang Dunia II. 

Rumah menyeramkan yang mereka tinggali, serta kebutuhan untuk mencegah sinar matahari setiap saat karena kondisi yang dimiliki anak-anak, semuanya menambah latar yang sempurna untuk cerita hantu. Kehidupan mereka lantas berubah karena roh menyeramkan yang meneror mereka.

Dalam klimaks yang menakutkan, Grace dan anak-anaknya tetiba mengetahui bahwa sebenarnya mereka adalah hantu dan mereka lah yang menghantui keluarga baru yang sekarang tinggal di rumah mereka! 

9. Oldboy (2003)

Karya thriller kriminal Park Chan-Wook ini mungkin memiliki salah satu plot twist paling ‘mengganggu’ dalam sejarah sinematik. Film ini menceritakan tentang sosok Oh Dae-Su (Choi Min-sik) dalam pencarian berdarah nya untuk menemukan orang yang memenjarakannya selama lima belas tahun.  
Sepanjang jalan, Dae-Su menjalin hubungan romantis dengan seorang koki muda bernama Mi-Do (Kang Hye-jeong) yang terlibat dengan misi Dae-Su. 

Pada akhirnya, Dae-Su menemukan fakta bahwa Mi-Do sebenarnya adalah putrinya dan dia adalah pusat dari plot balas dendam jahat dari seorang pria kaya yang dia salahkan di masa lalu, sosok yang selama ini ia cari!

8. Planet of The Apes  ‘Original Version’ (1968)

Planet Of The Apes adalah film ‘abadi’ yang telah meluncurkan beberapa sekuel dan remake sejak karya orisinal nya yang rilis di 1968. Adapun dari banyak nya versi film, untuk karya asli nya yang disutradarai Franklin J. Schaffner dan dibintangi Charlton Heston dapat dianggap sebagai seri terbaik.  

Setelah pendaratan darurat di planet yang tidak diketahui, astronot George Taylor (Heston) menemukan dirinya melawan ras kera yang sangat berevolusi dan sukses menjadikan manusia sebagai budak.  

Setelah kembali ke Bumi, Taylor melihat Patung Liberty yang hancur di sepanjang pantai, menemukan bahwa planet tempat dia berada sebenarnya adalah Bumi setelah kiamat nuklir, yang merubah kera menjadi sangat berkuasa dan memusnahkan manusia.

7. Se7en (1995)

Film klasik David Fincher ‘Se7en’ yang menceritakan petualangan dua detektif (Brad Pitt dan Morgan Freeman) yang mencoba menangkap seorang pembunuh berantai yang melakukan tujuh pembunuhan yang merupakan tujuh dosa mematikan dalam Alkitab. 

Naskahnya, yang ditulis oleh Andrew Kevin Walker, sangat sempurna dari awal hingga akhir. Dalam klimaks yang tak terlupakan, kita mengetahui bahwa si pembunuh, John Doe (Kevin Spacey), telah membunuh istri Detektif Mill (Pitt) dan menyerahkan kepalanya ke dalam sebuah kotak dalam upaya untuk membuat Mills membunuh Doe. 

Tindakan balas dendam tersebut lantas menjadikan pembunuhan atas Doe sebagai dosa mematikan ketujuh yang justru dilakukan oleh sang detektif, sungguh plot-twist.

6. Saw (2004)

Film horor klasik karya sutradara James Wan  ini diproduksi dengan anggaran kecil dan sebagian besar latar syuting hanya terjadi di satu ruangan.  Namun jalan cerita yang sadistik dengan bumbu plot twist mengejutkan sukses menjadikan Saw sebagai salah satu waralaba film horor terbesar sepanjang masa. 

Kisah awal ‘Saw’ sendiri mengenai dua pria yang ditawan dalam permainan mematikan untuk tetap hidup. Setelah naik rollercoaster penuh darah dan siksaan, kedua tawanan menyadari bahwa orang yang bertanggung jawab atas penculikan mereka telah berbaring di tengah ruangan sepanjang waktu, menyamar sebagai mayat!

 

1
/
2