Film Soera Ing Baja Dibuat, Cerita Pertempuran 10 November 1945 

Icon CameraAan Haryono
Minggu 13 November 2022 20:06 WIB
Film Soera Ing Baja Dibuat, Cerita Pertempuran 10 November 1945 
Film Soera Ing. (Foto: Aan)

SURABAYA, celebrities.id - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi kembali memerankan sosok Presiden RI ke-1, Sukarno dalam film Soera Ing Baja. 

Film ini rencananya akan ditayangkan di museum pendidikan sekaligus sebagai bahan edukasi siswa SD hingga SMP di Kota Pahlawan. 

Pada film ini, Eri Cahyadi memerankan Presiden Sukarno pada saat peristiwa pertempuran Surabaya 1945. Sebelum pertempuran Surabaya 1945 meledak, Presiden Sukarno sempat menggelar pertemuan dengan Jenderal A.W.S Mallaby di Kantor Gubernur Jawa Timur. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, pembuatan film ini untuk melengkapi dokumentasi tentang sejarah Kota Pahlawan. Sebelumnya telah sukses dibuat film Kusno, yang menceritakan tentang Sukarno kecil hingga menjabat sebagai presiden RI. 

“Untuk film Soera Ing Baja ini lebih menceritakan soal pertempuran pada 10 November 1945. Oleh karena itu, film ini akan mengambil beberapa scene tentang peristiwa pertempuran itu,” kata Wiwiek, Minggu (13/11/2022). 

 

1
/
3