Fitur Baru Tesla Rawan Diretas, Berisiko Digondol Maling dengan Mudah

Tangguh Yudha
Minggu 12 Juni 2022 14:42 WIB
Fitur Baru Tesla Rawan Diretas, Berisiko Digondol Maling dengan Mudah
Fitur baru Tesla rawan diretas. (celebrities/Motorauthority)

JAKARTA, celebrities.id - Bukan rahasia bahwa mobil Tesla dapat diretas. Sebuah video terbaru menunjukan bagaimana cara masuk ke dalam sistem mobil Tesla, menyalakan dan membawa kabur mobil.

Orang lain dapat masuk ke sistem melalui celah di fitur yang baru saja ditambahkan Tesla pada Agustus 2022. Fitur ini memungkinkan pemilik mobil menghidupkan kendaraan secara instan.

Fitur semula dihadirkan agar pengguna bisa menghidupkan mesin dengan hanya membuka pintu mobil menggunakan kartu kunci berteknologi Near Field Communication (NFC).

Kartu-kartu itu datang untuk semua kendaraan Tesla Model 3 dan menggunakan sinyal identifikasi frekuensi radio jarak pendek (RFID) untuk berinteraksi dengan sistem komputer mobil.

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menjalankan mobil mereka saat mereka duduk di kursi kemudi. Tapi sayangnya fitur ini memiliki celah keamanan yang berisiko mobil digondol orang.

Menurut Martin Herfurt, seorang peneliti keamanan Austria, fitur baru Tesla tidak hanya dapat menghidupkan mobil secara otomatis tapi juga menempatkannya dalam kondisi bebas dicuri.

Alih-alih hanya dapat dibuka dengan kartu kunci NFC, Tesla Model 3s juga dapat dibuka dengan kunci fob atau aplikasi seluler Tesla yang terdaftar di akun pemilik, seperti dilansir dari Gizmodo, Minggu (12/6/2022).

 

1
/
2