7 Fitur Rahasia Gmail yang Belum Banyak Orang Tahu

Bertold Ananda
Kamis 23 Juni 2022 16:46 WIB
7 Fitur Rahasia Gmail yang Belum Banyak Orang Tahu
Beberapa fitur rahasia Gmail belum banyak diketahui orang. (Foto: celebrities.id/Kinsta)

JAKARTA, celebrities.id - Ada beberapa fitur rahasia Gmail yang belum banyak orang tahu. Platform layanan surat elektronik milik Google ini ternyata memiliki beberapa fitur rahasia yang masih jarang digunakan orang.

Fitur tersembunyi yang ditawarkan Gmail tersebut pastinya bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam proses mengirim pesan, foto maupun sejumlah dokumen pendukung lainnya.

Kira-kira seperti apa fitur rahasia yang disajikan oleh gmail untuk para penggunanya? 

Berikut ini celebrities.id merangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2022) terkait fitur rahasia Gmail yang belum banyak orang tahu.

Fitur Rahasia Gmail

1. Fitur Undo Send

Fitur rahasia pertama yang ditawarkan oleh Gmail adalah Undo Send. Fitur satu ini berfungsi untuk membatalkan pesan yang sudah terlanjur terkirim. Cara ini cukup membantu kamu yang ingin sempurna tanpa ada kesalahan dalam pengirim pesan.

Dalam penggunaan fitur Undo Send juga terdapat batasan waktu yang telah ditetapkan. Namun jangan khawatir, karena batasan waktu tersebut dapat kamu tentukan sendiri dengan mengakses beberapa cara:

  • Klik menu Setting
  • Klik gambar menu gear sebelah kanan atas
  • Klik Undo Send dan tentukan sendiri waktu pembatalan email, bisa diatur mulai 15 sampai 30 detik saja.

2. Confidential Mode

Fitur rahasia kedua yang dimiliki gmail yakni fitur Confidential Mode. Menu satu ini dapat kamu ketahui melalui gambarnya yang berbentuk seperti gembok. Fitur ini berfungsi sebagai email rahasia yang dapat dibaca dalam waktu tertentu. Jika kamu sudah membukanya maka secara otomatis email tersebut akan hilang dan tidak bisa membukanya kembali.

3. Snooze Email

Fitur rahasia Gmail ketiga yakni Snooze email. Keunggulan perangkat satu ini berfungsi sebagai alarm pesan. Fitur satu ini akan tetap memperingatkan dan muncul di bagian atas layar smartphone kamu bila kamu tidak membukanya. 

Fitur ini sangat cocok bagi kamu pekerja super sibuk atau yang mudah lupa dalam mengakses email.  Bagi kamu yang ingin mengaktifkan Snooze Email, berikut caranya.

  • Buka Email di Inbox.
  • Akses menu gambar jam kecil pada bagian kanan atas layar.
  • Kamu bisa bebas memilih waktu dan tanggal yang diinginkan, lalu klik ok.

4. Fitur Schedule Sent

Fitur keempat yang dimiliki Gmail google pada layanan surelnya yakni schedule sent. Opsi satu ini memiliki fungsi untuk menjadwalkan pesan yang akan dikirim. Kamu bisa mengatur jadwal pengiriman pesan email sendiri dengan leluasa dengan memilih tanggal dan waktunya. Berikut cara mengaktifkan fitur Schedule Sent.

  • Ketika kamu sedang menulis pesan dan ingin dikirimkan maka jangan langsung klik tombol send.
  • Klik sebelah menu send yang bergambar anak panah bawah.
  • Pilih opsi reschedule sent dan tentukan kapan waktu pesan akan terkirim.
  • Jika sudah maka klik send dan pesan akan terkirim sesuai dengan schedule yang kamu atur.
 

5. Mute Email yang Mengganggu

Fitur rahasia kelima yang dimiliki oleh Gmail yakni mode mute email. Fitur satu ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin privasi terganggu dengan adanya email spam yang mengganggu aktivitas dan waktu kerja kamu. Cara mengaktifkan menu mute sangat mudah, berikut langkahnya.

  • Buka email yang ingin kamu mute.
  • Klik Ikon tiga titik pada bagian atas kanan, lalu klik mute.
  • Nantinya pesan yang di mute akan berpindah menjadi folder arsip.

6. Menemukan Email Lawas

Fitur keenam yang ditawarkan Gmail kepada para penggunanya yakni menemukan email lawas. Mesin pencari gmail akan siap membantu kamu untuk menemukan pesan yang sudah terpendam bertahun-tahun dengan mudah. Berikut cara mengaksesnya

  • Tulis tag“after:” dan “before:” pada kolom pencarian.
  • Kamu bisa juga tulis “older_than:” dan “newer_than:”

7. Fitur Offline

Fitur tersembunyi terakhir yang dimiliki oleh Gmail dan tidak banyak orang tahu yakni fitur offline. Program satu ini akan mengakses email tanpa terhubung dalam data internet. Kok bisa? Begini cara mengaktifkannya.

  • Klik Pengaturan dan klik mode offline.
  • Ketika mode offline aktif maka kamu bisa membaca pesan dengan mendownload terlebih dahulu.

Editor : Oktiani Endarwati