Formula E Siap Uji Coba Attack Charge, Isi Ulang Daya Listrik hanya 30 Detik

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Sabtu 19 November 2022 20:08 WIB
Formula E Siap Uji Coba Attack Charge, Isi Ulang Daya Listrik hanya 30 Detik
Formula E Siap Uji Coba Attack Charge, Isi Ulang Daya Listrik hanya 30 Detik. (Foto: Heru Haryono/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Mengisi ulang daya menjadi salah satu kekurangan utama kendaraan listrik. Meski lebih efisien ketimbang kendaraan konvensional, namun kendaraan listrik memerlukan waktu yang cukup lama dalam mengisi ulang daya.

Menanggapi hal itu, FIA berpikir ada hal yang bisa membuat jeda tersebut lebih menarik. Karena, sebagai bagian dari peraturan yang diperbarui, Formula E akan melakukan uji coba 'Attack Charge' selama 30 detik pada beberapa balapan di musim kesembilan.

Sebuah teknologi baterai baru akan memberikan mobil energi sebanyak 4kWh pada setengah menit berkat booster 600 kW. Penghentian pengisian daya akan diwajibkan pada titik tertentu dalam balapan, tapi pembalap akan menerima dua periode Attack mode yang ditingkatkan pada balapan selanjutnya sebagai kompensasi.

Pengisian cepat tersebut terkait dengan mobil Gen3 yang memulai debutnya di musim baru. Pada mode Attack, pengemudi bisa mengaktifkan peningkatan daya sesaat, akan tetap tersedia pada balapan di mana Attack Charge tidak digunakan.

Mode Attack yang dimodifikasi tidak seperti yang direncanakan pada awalnya. Menurut aturan perlombaan, FIA awalnya berharap untuk menghidupkan kembali pit stop, tapi sistem yang diperlukan tidak siap pada waktunya.

Karena itu, perhentian yang lebih konvensional tersebut diharapkan akan hadir, namun kemungkinan belum untuk waktu dekat ini. Pada musim yang akan datang pun akan ada perubahan yang mendasar pada format kompetisi. Di mana balapan sekarang berlangsung dalam jumlah putaran yang ditentukan, bukan jumlah waktu yang tetap.

Apabila ada safety car dan gangguan full course kuning, panitia akan menambah lap lagi. Tim juga harus menyelesaikan minimal dua sesi latihan dengan pembalap pemula, untuk membantu mereka merasakan Formula E. Namun, jangan berharap bisa berperan dalam kemenangan pembalap favorit kamu, karena fanboost yang digerakkan oleh penonton akan hilang.

 

1
/
2