3 Fungsi Transmisi pada Kendaraan, Pengemudi Harus Tahu

Bertold Ananda
Jumat 29 Juli 2022 14:15 WIB
3 Fungsi Transmisi pada Kendaraan, Pengemudi Harus Tahu
Fungsi transmisi pada kendaraan perlu diketahui agar paham ketika kendaraan mengalami masalah. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Setiap kendaraan, baik itu motor atau mobil tentu dibekali transmisi. Fungsi transmisi pada kendaraan perlu kamu ketahui agar paham ketika kendaraan mengalami masalah.

Pada dasarnya, transmisi pada kendaraan dibagi dalam dua macam, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatic (matic). Fungsi transmisi pada kendaraan juga bermacam-macam.

Bagi kamu yang tidak mengetahuinya tentu pasti akan bertanya apa fungsi transmisi pada kendaraan?

Untuk menjawabnya, berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Jumat (29/7/2022) terkait fungsi transmisi pada kendaraan.

Fungsi Transmisi pada Kendaraan

1. Memungkinkan Kendaraan dapat Berjalan

Fungsi transmisi pada kendaraan yang pertama yakni dapat memungkinkan mesin tetap hidup dan berjalan dengan kecepatan tertentu. Pada kendaraan bermotor tentu dapat berjalan dengan tiga jenis transmisi yakni manual, kopling maupun matic. 

Sementara pada mobil lebih bervariasi lagi. Berkat adanya transmisi, kendaraan roda empat ini dapat memungkinkan berjalan dengan transmisi matic, manual, triptonic, AMT (Automatic Manual Transmission) dll. 

Tidak hanya itu saja, khusus untuk mobil berkat adanya transmisi, maka mobil bisa memungkinkan berjalan mundur juga.

2. Mengubah Momentum Kecepatan yang Dihasilkan oleh Mesin

Fungsi transmisi pada kendaraan yang kedua yang patut kamu tahu yakni dapat mengubah momentum kecepatan yang dihasilkan oleh mesin. Sebab, adanya transmisi baik mobil atau motor dengan muatan penuh akan tetap bisa berjalan, menanjak serta dapat berakselerasi secara instan.  

Namun untuk posisi menanjak pengemudi dengan kendaraan baik mobil dan motor bertransmisi manual wajib memindahkan posisi gear terendah yakni gigi satu. Hal ini dilakukan untuk membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat tersalurkan penuh  untuk melibas tanjakan ekstrim sekalipun.

Apabila kendaraan kamu memerlukan akselerasi cepat dan instan maka kamu bisa mengemudi dengan mempergunakan gigi mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar secara berurutan.

3. Meneruskan Tenaga dan Putaran Mesin dari Kopling ke Poros Propeller

Fungsi transmisi bagi kendaraan yang ketiga yakni sebagai penerus tenaga dan putaran mesin dari kopling ke poros propeller, namun dengan catatan berlaku pada kendaraan mobil bertransmisi manual.

Tenaga keseluruhan mesin yang diatur melalui kaki kamu akan memutar plat kopling yang terhubung langsung dengan input shaft transmisi. Hal itu membuat tenaga dan putaran mesin dapat diteruskan oleh transmisi sehingga mobil dapat berjalan dengan sempurna.
 

Editor : Oktiani Endarwati