Gebrakan Pabrikan Otomotif Honda di 2030, dari Taksi Udara hingga Robot Avatar

Bertold Ananda
Minggu 03 Oktober 2021 08:56 WIB
Gebrakan Pabrikan Otomotif Honda di 2030, dari Taksi Udara hingga Robot Avatar
Honda lebarkan sayap di tahun 2030. (Foto: Reuters)

JEPANG, celebrities.id - Selama ini brand ternama asal Jepang, yakni Honda mengeluarkan produk otomotif. Kini, Honda melebarkan sayapnya untuk fokus di dunia teknologi.

Honda Motor Co. baru-baru ini memposisikan diri terjun dan menghadirkan teknologi baru mutakhir. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini memulai upaya untuk menerjunkan taksi udara hibrida listrik baru, robot yang menyerupai manusia dan roket yang dapat digunakan kembali untuk membawa satelit kecil ke luar angkasa dengan lebih ekonomis.

Dilansir Hindustan Times, Minggu (3/10/2021), hal itu merupakan visi dari pihak perusahaan untuk terus mengembangkan dan memperluas bisnisnya di luar dunia otomotif. Upaya tersebut merupakan visi untuk 2030 dengan tujuan memperluas definisi mobilitas dan meningkatkan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Pembuat mobil ini ternyata memiliki bisnis di pesawat kecil yang saat ini didominasi oleh kontraktor pertahanan mapan seperti Boeing Co. dan perusahaan ternama yang didanai dengan baik seperti SpaceX milik Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos.

Pihak pabrikan menjelaskan terdapat tiga bidang penelitian dan pengembangan sedang dikerjakan saat ini termasuk propulsi, elektrifikasi, robotika, kecerdasan buatan, dan energi terbarukan, di antaranya:

1. Taksi udara

Pihak pabrikan mengatakan bahwa desain pesawat ulang-alik saat ini yang dikembangkan nantinya dapat mengandalkan 100 persen daya baterai akan terlalu terbatas jangkauannya untuk memenuhi permintaan pasar untuk perjalanan sejauh 402 kilometer dan tidak hanya melintasi kota-kota besar yang padat, menurut penelitiannya.

Rencananya, taksi udara itu akan memulai tes penerbangan pada 2023 pada desain hibrida yang akan memasangkan baterai lithium dengan generator turbin gas untuk berfungsi sebagai pengisi daya dan memperluas jangkauan pesawat.

 

1
/
2