Pemuda Madiun Tersangka Kasus Bjorka Tak Ditahan, tapi Wajib Lapor

Puteranegara Batubara
Jumat 16 September 2022 20:20 WIB
Pemuda Madiun Tersangka Kasus Bjorka Tak Ditahan, tapi Wajib Lapor
Pemuda di Madiuan membantu hacker Bjorka. (Foto: Twitter)

JAKARTA, celebrities.id - Polri menyatakan bahwa pemuda di Madiun, Jawa Timur (Jatim) berinisial MAH tersangka kasus dugaan peretasan dengan akun mengatasnamakan Bjorka, tidak dilakukan penahanan. 

Kepala Divisi Humas Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, meskipun tidak ditahan, tersangka dikenakan wajib lapor terkait dengan perkara tersebut.

"Yang bersangkutan tersangka dan tidak ditahan, dikenakan wajib lapor," kata Dedi kepada awak media, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Di sisi lain, Jubir Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana mengungkapkan bahwa, tidak ditahannya tersangka tersebut lantaran yang bersangkutan bersikap kooperatif. 

"(Tersangka bersikap) kooperatif," ujar Ade terpisah. 

Dalam hal ini, Polri menyatakan bahwa, MAH memiliki motif ingin membantu Hacker Bjorka agar menjadi terkenal dan mendapatkan uang atas perbuatannya. 

"Motif tersangka, membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," ucap Ade.

Ade menjelaskan, MAH berperan sebagai penyedia channel di Telegram dengan mengatasnamakan Bjorkanism. 

"Peran tersangka bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram dengan nama channel Bjorkanism," tutur Ade.

Sebelumnya, Polri pada Rabu, (14/9/2022) malam telah mengamankan seorang pemuda berinisial MAH, warga Desa Banjarsari, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur diduga terkait serangkaian kasus peretasan data baru-baru ini.

Informasi yang didapat, pria itu ditangkap diduga karena mengetahui tentang hacker atau peretasan data, yang menggunakan alias Bjorka.

Editor : Hadits Abdillah