Google Akuisisi Startup Bernama Raxium, Langkah Strategis Kembangkan Teknologi MicroLED

Tangguh Yudha
Jumat 06 Mei 2022 18:23 WIB
Google Akuisisi Startup Bernama Raxium, Langkah Strategis Kembangkan Teknologi MicroLED
Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, resmi mengakuisisi startup yang berfokus di bidang tampilan MicroLED bernama Raxium. (celebrities.id/Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, resmi mengakuisisi startup yang berfokus di bidang tampilan MicroLED bernama Raxium. Pencaplokan ini dilakukan Google untuk pengembangan perangkat AR/VR.

"Hari ini kami mengumumkan bahwa Google telah mengakuisisi Raxium, inovator dalam teknologi layar MicroLED panel tunggal," tulis Senior VP of Devices & Services Google, Rick Osterloh dalam postingan blog.

Sayang, nilai akuisisinya tidak diungkap. Rencana untuk mengakuisisi Raxium ini sejatinya sudah dikabarkan sejak bulan Maret lalu dalam sebuah laporan dari The Information.

"Tim di Raxium telah menghabiskan waktu lima tahun untuk membuat tampilan resolusi tinggi yang diperkecil, hemat biaya, dan hemat energi yang telah meletakkan dasar bagi teknologi tampilan masa depan." 

Seperti dilansir dari Engadget, Jumat (6/5/2022), Google bakal mengembangkan apa yang disebutnya sebagai layar ultra-compact, low-power, high resolution. Tapi sayangnya tidak banyak informasi lain yang diketahui. Hingga saat ini, pasokan MicroLED masih sedikit karena biaya produksi yang tinggi.

Google tertarik memiliki perusahaan LED untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas komponen produk AR/VR di masa depan.

MicroLED juga akan menjadi teknologi penyokong pada ponsel Pixel masa depan atau produk konferensi video imersif Starline.

Editor : Andre Purwanto