Gubernur Anies Baswedan Jadi Sopir Angkot Mikrotrans AC Jak26, Antar Emak-Emak ke Pasar

Icon CameraMuhammad Refi Sandi
Senin 26 September 2022 06:58 WIB
Gubernur Anies Baswedan Jadi Sopir Angkot Mikrotrans AC Jak26, Antar Emak-Emak ke Pasar
Anies Baswedan jadi supir Mikrotrans, antar emak-emak ke pasar. (Foto: celebrities.id/Instagram @aniesbaswedan)

JAKARTA, celebrities.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal profesi baru, menjadi sopir angkot Mikrotrans ber-AC JAK26. 

Dalam aksinya, Anies memandu Mikrotrans untuk rute Terminal Rawamangun-Duren Sawit. Beberapa penumpangnya adalah emak-emak yang hendak ke Pasar Klender, Jakarta Timur.

"Ibu mau ke mana?" tanya Anies dalam unggahan video laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Senin (26/9/2022).

"Mau ke Pasar Klender pak, mau belanja," kata emak-emak dalam video menjawab pertanyaan sang Gubernur.

"Kalau ke pasar pake angkot?" tanya Anies lagi.

"Iya pake JakLingko26," ucap emak-emak kompak.

Dalam unggahan tersebut Anies tampak mengenakan seragam dinas berwarna putih, lengkap dengan rompi berwarna navy. 

Hanya saja, Anies menyopiri emak-emak tidak sampai tujuan Pasar Klender. Sebab, dia harus meresmikan Pasar Cipinang Kebembem, Kamis (22/9/2022) sehingga rutenya Terminal Rawamangun-Pasar Cipinang Kebembem.

Anies menceritakan pagi itu mencoba mengendarai Mikrotrans (Jaklingko) AC dipandu oleh Pak Sihombing, pramudi yang biasa mengendarai Mikrotrans Jak 26 rute Rawamangun - Duren Sawit.

“Kami berbincang sepanjang perjalanan dan juga dengan para penumpang tentang pengalaman sehari-hari naik Mikrotrans. Kita merasakan bahwa kebijakan ini sudah sesuai untuk tipologi kota Jakarta, di mana banyak jalan sempit dan permukiman padat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti sinyal mesin tap kartu sempat blank, yang tentunya menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan untuk Mikrotrans AC sendiri saat ini melayani rute Jak 10A Gondangdia - Cikini dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap.

Editor : Lisvi Padlilah