Gunung Semeru Meletus, BNPB: Jangan Termakan Isu Hoaks

Rio Erfandi
Minggu 05 Desember 2021 08:53 WIB
Gunung Semeru Meletus, BNPB: Jangan Termakan Isu Hoaks
Gunung Semeru Meletus, BNPB: Jangan Termakan Isu Hoaks. (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suhariyanto mengimbau masyarakat agar tak termakan isu hoaks terkait bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021). 

Dia berharap warga terdampak di lokasi Gunung Semeru agar tetap tenang dan mengikuti info dari pemerintah.

"Jangan termakan isu hoaks, yakinlah bahwa pemerintah pusat dan daerah, TNI-Polri dan segenap komponen bangsa lainnya akan serius membantu masyarakat yang terdampak Gunung Semeru,” ujar Kepala BNPB, Letjen TNI Suhariyanto dalam keterengan resmi tertulis, Minggu (5/12/2021).

Sementara itu, BNPB sudah mengambil langkah cepat kepada warga terdampak dalam menangani pengungsi erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021).

"Mendampingi BPBD, malam ini kami bergerak lewat darat membawa logistik, selimut, makanan siap saji, tenda darurat, matras, dan logsitik lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Suhariyanto menambahkan bahwa saat ini warga mengungsi di tiga desa yaitu, Desa Supiturang dan Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro.

"Kami sudah melaksanakan koordinasi dengan Panglima TNI untuk meminta bantuan personel dan peralatan dan BPBD Provinsi Jawa Timur, serta Kabupaten Lumajang untuk mengambil langkah-langkah penanganan masyarakat terdampak bencana erupsi. Setidaknya, kebutuhan dasarnya terpenuhi secara maksimal,” ucapnya.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi