Gunungkidul Terapkan Parkir Elektronik, Hilangkan Tradisi Parkir Liar di Tempat Wisata

Erfan Erlin
Kamis 22 September 2022 11:46 WIB
Gunungkidul Terapkan Parkir Elektronik, Hilangkan Tradisi Parkir Liar di Tempat Wisata
Gunungkidul terapkan parkir elektronik, hilangkan parkir liar di tempat wisata. (Foto: Freepik.com)

GUNUNGKIDUL, celebrities.id - Dinas Perhubungan Gunungkidul menerapkan e-parking atau parkir secara online. Program ini mereka luncurkan di Taman Kuliner Wonosari. Di tahap awal program, e-parking ini diterapkan di Taman Kuliner Wonosari. 

Kepala Dinas Perhubungan Rakhmadian Wijayanto menuturkan e-parking saat ini menjadi salah satu indikator kinerja Pemda dalam melayani masyarakat di bidang perparkiran. Di samping e-Parking ini juga merupakan salah satu  penilaian dari pusat terkait dengan pelayanan masyarakat.

"Pemerintah memang konsen elektronik government, yaitu salah satunya dengan layanan elektronik," ujar dia, Kamis (22/9/2022).

Rakhmadian menambahkan dengan E parking ini maka masyarakat semakin lebih mudah terutama pembayarannya. Karena masyarakat bisa melakukan pembayaran melalui Qris, Gopay ataupun shopeepay.

Menurut dia, sudah waktunya Gunungkidul karena 100 persen masyarakat sudah menggunakan handphone. Sehingga nantinya masyarakat bisa akan lebih mudah melakukan pembayaran.

"Kalau sudah bayar tinggal tunjukkan ke juru parkir. Mudah," kata dia 

E-Parking ini merupakan upaya memaksimalkan potensi parkir yang ada di Gunungkidul. Sehingga harapannya nanti pengelolaan potensi dapat dilakukan lebih transparan sehingga mampu menambah nilai PAD yang diberikan.

 

1
/
2