Gus Baha: Jangan Membentak Anak, Bisa Jadi Orangtua Durhaka

Laras Dwi Sasmita
Kamis 14 Oktober 2021 04:30 WIB
Gus Baha: Jangan Membentak Anak, Bisa Jadi Orangtua Durhaka
Tausiah Gus Baha. (Foto: celebrities.id/IG)

JAKARTA. celebrities.id - Anak merupakan titipan Allah yang kelak akan hidup mandiri dan lepas dari orangtuanya. Akan tetapi, terkadang masih banyak orangtua yang mendidik anak dengan cara yang keras seperti membentak. 

Dalam tausiah Gus Baha menyebutkan bahwa membentak atau memarahi anak bukan cara mendidik yang baik. Dalam konteks ini bisa jadi sebutan anak durhaka berbalik menjadi orangtua durhaka.

Menurut Gus Baha, ketika orangtua membentak anak maka haram hukumnya. Pasalnya anak kecil belum mukallaf atau terbebani hukum islam sehingga perilaku mereka bukanlah sesuatu kesalahan yang harus ditindak secara keras seperti dibentak oleh orangtua mereka. 

"Memang mengaji ilmu itu dengan tanda kutip "itu harus ada nakalnya." Tapi nakal yang baik bukan yang buruk. Nakal itu kalau dalam bahasa Jawa itu tidak harus dosa. Kaya anak kecil yang memanja-manjat dibilang nakal padahal nggak haram, malah orangtuanya yang membentak itu yang haram," kata Gus Baha yang dikutip melalui TikTok, pada Kamis (14/10/2021).

"Yang nakal betul itu ya ibunya yang membentak, cerewet itu. Karena ibunya orang yang sudah mukallaf (terbebani hukum Islam) sudah tua (tapi) salah langkah yaitu membentak. Sebetulnya senakal-nakalnya anak kecil itu nakal orangtuanya itu pasti itu, karena ini sudah terkena khitab sementara anak-anak belum terkena khitab," ujarnya.

 

1
/
2