H-2 Lebaran, Harga Daging Sapi di Kabupaten Bandung Barat Terpantau Stabil

Adi Haryanto
Sabtu 30 April 2022 20:35 WIB
H-2 Lebaran, Harga Daging Sapi di Kabupaten Bandung Barat Terpantau Stabil
H-2 Lebaran, harga daging sapi di Kabupaten Bandung Barat terpantau stabil. (Foto:celebrities.id/MPI Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, celebrities.id - Harga daging sapi di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih stabil meski menginjak H-2 lebaran. Harga daging sapi sudah di angka Rp140 ribu/Kg, naik dari harga semula yakni Rp130 ribu/Kg sejak sepekan lalu.

"Jelang lebaran ini, harga daging sapi relatif stabil di angka Rp140 ribu," kata Kabid Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, KBB, Asep M Azhar, Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya, komoditas yang mengalami kenaikan hanya di daging ayam boiler dari asalnya Rp37 ribu jadi Rp38 ribu. Kemudian cabai merah naik dari Rp50 ribu/kg menjadi Rp60 ribu/kg, cabai rawit merah dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp45 ribu/kg, dan cabai rawit hijau Rp24 ribu/kg jadi Rp28 ribu/kg.

"Semoga harga tetap stabil. Sementara untuk stok juga terpantau masih aman," tuturnya.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Tagog Padalarang, Yanti (40) mengatakan, hingga mendekati lebaran ini harga daging sapi itu memang belum ada tanda-tanda akan mengalami kenaikan seperti Ramadhan tahun lalu.

"Belum ada kenaikan yang signifikan, naik sejak pekan lalu tapi sekarang masih tetap," ujarnya.

Namun, dia memprediksi bahwa harga daging sapi tersebut akan kembali mengalami kenaikan hingga ketika H-1 lebaran. Kemungkinan nanti bisa saja harganya naik ke Rp150 ribu/kg karena  permintaan masyarakat pasti akan meningkat.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen saat H-1 lebaran nanti, pihaknya akan menyiapkan daging sapi sebanyak 2 kwintal dengan cara memotong sapi miliknya sendiri. "Kalau kemarin-kemarin baru bisa menjual 30 kilogram per hari, semoga besok H-1 lebaran ada peningkatan penjualan," ucap Yanti.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra