5 Hantu Paling Menyeramkan Seantero Asia, Nomor 1 dari Indonesia

Andaru Danurdana
Sabtu 12 Juni 2021 19:23 WIB
5 Hantu Paling Menyeramkan Seantero Asia, Nomor 1 dari Indonesia
Hantu paling menyeramkan adalah cerita mistis yang pasti ada di budaya manapun. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Hantu paling menyeramkan adalah cerita mistis yang pasti ada di budaya manapun.. Dari timur sampai ke barat, tiap negara punya cerita seram, entah itu dalam bentuk monster rawa, mayat hidup, maupun arwah penasaran.

Di lingkup internasional, Asia dikenal sebagai benua dengan cerita hantu yang paling menyeramkan. Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (12/6/2021), lima hantu ini adalah yang paling terkenal dan paling menyeramkan.

1. Kuntilanak/Pontianak (Indonesia)

Siapa tak kenal dengan hantu kuntilanak. Hantu perempuan ini adalah salah satu hantu paling terkenal di Indonesia, bahkan di Asia. 

Dalam budaya Asia Tenggara, rawa adalah tempat di mana roh alam tinggal dan menakut-nakuti warga. Menurut legenda, sebuah daerah di Kalimantan Barat, tepatnya di dekat Sungai Kapuas dan Landak adalah tempat yang banyak dihuni para kuntilanak. 

Kuntilanak adalah arwah gentayangan berwujud perempuan yang sering menyerang laki-laki dan anak-anak. Ada banyak versi asal-muasal kuntilanak, dari perempuan yang meninggal ketika melahirkan sampai perempuan yang meninggal karena kecelakaan yang sadis.

Tapi satu yang pasti, hantu yang familiar di Indonesia dan Malaysia ini menjadi ikon hantu perempuan di cerita rakyat maupun perfilman Indonesia.

2. The Pishacha (India)

Dalam teologi Hindu, Pishacha adalah makhluk seperti vampir yang gemar menyantap daging manusia hidup maupun mayat. Selain itu, mereka juga menggemari perempuan hamil. 

Menurut legenda setempat, Pishacha berwujud seperti manusia dengan mata merah dan urat yang terlihat menjalar di bawah kulit mereka. Pishacha senang menghantui acara kremasi, area kuburan, rumah terbengkalai, dan tempat-tempat bekas kecelakaan.

 

1
/
3