Harga Daging Stabil Rp140 Ribu, Daya Beli Masyarakat Menurun

Viola Triamanda
Rabu 11 Mei 2022 20:14 WIB
Harga Daging Stabil Rp140 Ribu, Daya Beli Masyarakat Menurun
Harga daging stabil Rp140 ribu, daya beli masyarakat menurun. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ketua Umum Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi menyatakan harga daging saat ini sudah kembali stabil.

Semula, harga daging naik hingga Rp180 ribu per kilogram dan saat ini sudah turun menjadi Rp140 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram. Turunnya harga daging paska Lebaran beriringan dengan turunnya daya beli masyarakat.

"Setelah Lebaran harga daging justru menurun, demikian pula dengan daya beli masyarakat yang juga ikut menurun," kata Asnawi kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (11/5/2022).

Menurutnya tingginya daya beli menjelang Lebaran disebabkan oleh tradisi masyarakat Indonesia yang menjadikan daging sebagai bahan utama makanan khas Lebaran.

"Daya jual tinggi menjelang Lebaran ya pasti karena makanan dan hidangan utama khas lebaran bahan pokoknya daging, seperti rendang, sup daging, dan sebagainya" katanya.

Momen Lebaran yang hanya satu tahun sekali tentu juga menjadi momen untuk membahagiakan keluarga, termasuk juga dengan menyediakan makanan-makanan yang enak dan lezat.

"Kalau Lebaran kan pasti semua orang niatnya membahagiakan keluarga ya, jadi yang biasanya tidak beli daging, ya beli daging. Semua lapisan masyarakat bakalan ikut belanja daging saat Lebaran, karena itu daya belinya naik dan setelah Lebaran daya belinya kembali menurun" tuturnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra