Harga Suku Cadang Mobil Makin Mahal, Meningkat 44 Persen sejak 2013

Bertold Ananda
Senin 11 Oktober 2021 19:24 WIB
Harga Suku Cadang Mobil Makin Mahal, Meningkat 44 Persen sejak 2013
Suku cadang mobil di seluruh dunia mengalami kenaikan harga. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Seiring berjalannya waktu, harga mobil baru semakin mahal. Tidak hanya harga yang dibandrol, juga sparepart yang dihadirkan juga mengalami kenaikan harga.

Sebuah laporan dari Asosiasi Asuransi Jerman menunjukkan bahwa hal yang sama berlaku pada tingkat yang lebih tinggi untuk suku cadang, harganya telah meningkat 44 persen sejak 2013.

Dilansir Carscoops, Senin (11/10/2021), pasar suku cadang digambarkan sebagai monopoli, yang berarti bahwa sejumlah pemasok besar yang terlibat tidak memiliki insentif untuk menurunkan harga, hal itu disebabkan tidak ada banyak persaingan di antara mereka.

Selain itu, pabrikan mobil juga telah mematenkan desain eksterior model mereka sehingga sangat sulit bagi perusahaan pihak ketiga untuk memproduksi alternatif yang lebih terjangkau dan ekonomis. 

Dengan demikian, bengkel dan individu dipaksa untuk membeli komponen dan suku cadang asli dengan harga yang ditentukan oleh pihak pabrikan dengan harga yang tidak stabil. Hal tersebut disebabkan karena sewaktu-waktu harga suatu suku cadang juga dapat berubah

 

1
/
2