Hari Alzheimer Sedunia, Ini Sejarah dan Latar Belakangnya

Litbang MPI
Rabu 21 September 2022 16:10 WIB
Hari Alzheimer Sedunia, Ini Sejarah dan Latar Belakangnya
Hari Alzheimer sedunia, ini latar belakangnya. (Foto: Healthclub)

JAKARTA, celebrities.id - Pada 21 September, dunia memperingati Hari Alzheimer Sedunia. Selain itu, bulan September juga menjadi Bulan Alzheimer Dunia (World Alzheimer’s Month) yang merupakan kampanye internasional untuk meningkatkan kesadaran demensia dan menantang stigma mengenai kondisi tentang penyakit yang menyerang otak

Dilansir dari beragam sumber, Rabu (21/9/2022) hal ini diadakan oleh asosiasi Alzheimer untuk memberikan dukungan kepada kepada para pejuang penyakit Alzheimer. Bentuk dukungan ini di antaranya dengan melakukan kegiatan advokasi, penyebaran informasi, tampilan media dan penggalangan dana.

Latar belakang tentang Hari Alzheimer Sedunia ini dimulai ketika pasien alzheimer ditemukan oleh Alois ALzheimer yang merupakan seorang psikiater asal Jerman. 

Dia menemukan penyakit tersebut ketika sedang merawat seorang perempuan Jerman pada tahun 1901. Karena adanya hal tersebut, maka munculLah organisasi Alzheimer’s Disease International (ADI) yang didirikan pada tahun 1984 untuk memberikan dukungan kepada penderita penyakit alzheimer. 

Tidak berhenti sampai di situ, Alzheimer’s Disease International (ADI) memberikan edukasi tentang penyakit Alzheimer kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan juga sebagai tanda kepedulian pada penyakit alzheimer.

Alzheimer merupakan penyakit yang sudah lama ada dan biasanya banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia. Dilansir dari Healthline, penyakit alzheimer merupakan bentuk progresif dari demensia. 

 

1
/
2