Hari Teater Dunia, Seniman Indonesia Akan Gelar Kenduri di Surabaya

Djairan
Sabtu 27 Maret 2021 23:40 WIB
Hari Teater Dunia, Seniman Indonesia Akan Gelar Kenduri di Surabaya
Hari teater dunia, seniman Indonesia gelar kenduri di Surabaya. (Foto: celebrities.id/MNC Media)

SURABAYA, celebrities.id - Puluhan seniman kondang Indonesia bakal menggelar Barik-an atau Kenduri di Surabaya pada 27-28 Maret 2021. Kegiatan ini diselenggarakan Sanggar Anak Merdeka Indonesia, merupakan salah satu upaya merawat tradisi dan khazanah kebangsaan menyambut Hari Teater Dunia (Hatedu) 2021.

Salah satu penggagas acara, Meimura menjelaskan Barik-an adalah tradisi kenduri Mauludan di Surabaya di masa lalu yang sudah punah. Di mana masing-masing pesertanya membawa makanan sendiri yang disajikan dalam cobek atau tampah.

Para peserta Barikan saling tukar makanan dan makan bersama di tempat. Jika ada kelebihan makanan, maka dibawa pulang ke rumah masing-masing.

"Dalam konteks pendekatan Barik-an itu, Hari Teater Dunia dirayakan dan dikemas dalam tajuk On Stage Festival dengan tema Ritus Pandemi. Hal ini bertujuan saling berbagi pemikiran dan karya, setelah setahun para seniman juga dilanda Pagebluk. Ini juga sebagai penyemangat, tanda, bangkitnya kembali seniman Surabaya, Jatim dan Indonesia pada umumnya," katanya, Minggu (14/3/2021).

Ā 

1
/
2