Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada 2022: Max Verstappen Pole Position

Cikal Bintang Raissatria
Minggu 19 Juni 2022 07:29 WIB
Hasil Kualifikasi F1 GP Kanada 2022: Max Verstappen Pole Position
Max Verstappen pole position dalam kualifikasi F1 GP Kanada 2022. (Foto: celebrities.id/Instagram @maxverstappen1)

MONTREAL, celebrities.id – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil menjadi yang terdepan pada sesi kualifikasi F1 GP Kanada 2022. Verstappen sukses megnamankan pole position usai mengasapi Fernando Alonso dan Carlos Sainz.

Melakoni sesi kualifikasi di Sirkuit Gilles Vileneuve, Kanada pada Minggu (19/6/2022) dini hari WIB, Verstappen sebelumnya tampil kurang meyakinkan di tiga sesi kualifikasi. Namun, pada Q3, dia berhasil mencatatkan waktu 1 menit 21,299 detik untuk memastikan pole position.

Jalannya Sesi Kualifikasi

Pada sesi Q1, kondisi trek yang basah membuat para pembalap cukup berhati-hati ketika memacu kendaraannya. Namun, George Russel (Mercedes AMG Petronas) berhasil memimpin jalannya kualifikasi di awal-awal.

Pembalap asal Inggris itu mencatatkan waktu 1 menit 36,688 detik untuk menjadi yang tercepat di lap pertama. Sementara, di belakangnya menyusul Fernando Alonso (Alpine) dan Carlos Sainz (Scuderia Ferrari).

Kondisi lintasan balap yang basah membuat para pembalap memiliki visibilitas yang terbatas. Oleh karenanya, Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) sempat mengeluhkan kondisi ini kepada timnya lewat sambungan radio.

Memasuki pertengahan Q1, para pembalap secara bergantian memimpin catatan waktu tercepat. Max Verstappen (Red Bull Racing), Carlos Sainz, dan Kevin Magnussen (Haas) kini bersaing menjadi yang tercepat.

Verstappen pun berhasil mempertahankan posisinya usai mencatatkan waktu 1 menit 32,219 detik di Q1. Sementara, lima pembalap tak bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua (Q2) karena berada di urutan terakhir.

Kelima pembalap itu adalah Pierre Gasly (AlphaTauri), Sebastian Vettel (Aston Martin), Lance Stroll (Aston Martin), Nicholas Latifi (Williams Racing), dan Yuki Tsunoda (AlphaTauri). Sementara, sesi Q2 akan segera dimulai.

Pada awal sesi Q2, secara mengejutkan Fernando Alonso mampu merebut posisi Verstappen. Pembalap asal Spanyol itu kini menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 30,910, unggul beberapa detik dari Verstappen.

Memasuki pertengahan Q2, Sergio Perez (Red Bull Racing) mengalami kecelakaan usai menabrak dinding pembatas trek. Red Flag pun dikibarkan, sesi kualifikasi dihentikan sementara selama 10 menit.

Akibat insiden itu, Perez resmi tersingkir dari sesi Q2. Sementara itu, menjelang akhir sesi Q2, The Dutch Devil -julukan Verstappen- kembali merebut catatan waktu tercepat.

Pembalap asal Belanda itu pun menyelesaikan sesi Q2 dengan catatan waktu 1 menit 23,746 detik. The Dutch Devil unggul atas Alonso dan Russel. Sedangkan, lima pembalap, yakni Valtteri Bottas (Alfa Romeo), Alex Albon (Williams Racing), Sergio Perez, Lando Norris (McLaren), dan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) resmi tereliminasi.

Pada sesi Q3, Verstappen dan Alonso langsung bersaing ketat sejak awal sesi kualifikasi. Namun demikian, Sainz berhasil menggeser Alonso secara catatan waktu dan merebut posisi kedua di sesi Q3.

Pada akhirnya, para pesaing kesulitan untuk mengejar maupun menyamai catatan waktu yang dimiliki Verstappen. Sesi Q3 selesai dengan Verstappen menjadi pembalap yang paling cepat usai mencatatkan 1 menit 21,299 detik.

 

1
/
2