Hati-Hati! Marak Modus Pretexting Curi Data Pribadi, Begini Cara Mencegahnya

Tangguh Yudha
Minggu 19 Juni 2022 20:08 WIB
Hati-Hati! Marak Modus Pretexting Curi Data Pribadi, Begini Cara Mencegahnya
Pencurian data modus pretexting marak. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Era digital seperti sekarang ini, modus kejahatan semakin beragam. Saat ini marak terjadi pretexting atau upaya mengelabui seseorang untuk meraup keuntungan dengan merugikan orang lain.

Para pelaku akan membuat skenario yang meyakinkan korban supaya korban mau menuruti apa yang diminta pelaku. Termasuk juga menyerahkan data pribadi mereka.

Biasanya para pelaku ini akan berpura-pura menjadi pegawai bank, customer service, menawarkan hadiah, dan lain-lain. Yang intinya akan menjadi sesuatu yang penting bagi korban.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), melalui akun media sosial Instagramnya membagikan tips agar terhindar dari pretexting. Berikut paparannya, seperti dilansir pada Minggu (19/6/2022).

Pertama adalah fokus dan jangan mudah percaya saat ada yang mengatasnamakan pihak tertentu. Kedua, jangan asal memberikan data pribadi. Kemudian catat nomornya, lalu informasikan ke pihak resmi.

Perlindungan terhadap data sendiri sangat penting dilakukan agar menghindari ancaman kejahatan dunia maya. Data menjadi aset yang sangat berharga. Pencurian data kian marak dengan berbagai tujuan.

Perlindungan data pribadi tidak hanya melindungi data seseorang, tapi untuk melindungi hak‐hak dasar dan kebebasan individu. Untuk memastikan bahwa hak dan kebebasan seseorang tidak dilanggar.

Kebocoran atau penyalahgunaan data pribadi tidak hanya akan menyebabkan kerugian materi tapi juga akan menyebabkan kerugian pada reputasi seseorang, termasuk membawa konsekuensi hukum.

Editor : Hadits Abdillah