Hebat, Ilmuwan Ini Ciptakan Robot Miliki Indra Penciuman, Bisa Bedakan 8 Bau secara Alami

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Kamis 19 Januari 2023 18:45 WIB
Hebat, Ilmuwan Ini Ciptakan Robot Miliki Indra Penciuman, Bisa Bedakan 8 Bau secara Alami
Ilmuwan Ini Ciptakan Robot Miliki Indra Penciuman, Bisa Bedakan 8 Bau secara Alami. (Foto:celebrities.id/Endgadget)

JAKARTA, celebrities.id - Sekelompok ilmuwan dari Universitas Tel Aviv mengaku telah menciptakan robot yang memiliki indra penciuman. Kemampuan robot ini pun cukup luar biasa, yakni dapat mengendus 10 ribu kali lebih banyak daripada barang elektronik lain yang ada saat ini.

Dikutip Engadget pada Kamis (19/1/2023), robot canggih dengan kemampuan layaknya manusia ini dibekali dengan sensor antena menyerupai belalang dan juga kecerdasan buatan. Para ilmuwan menggambarkan robot yang mereka ciptakan sebagai platform bio-hybrid.

Secara lebih detail, robot memiliki satu set antena yang diambil dari belalang gurun yang terhubung ke sistem elektronik yang mengukur jumlah sinyal listrik yang dihasilkan oleh antena ketika mendeteksi bau. Mereka juga memasangkan robot dengan algoritma yang bisa menggali kemampuannya sendiri.

Dengan algoritma tersebut, robot bisa mengkarakterisasi bau melalui output sinyalnya. Dengan cara ini, tim menciptakan sistem yang secara andal dapat membedakan antara delapan bau secara alami, termasuk geranium, lemon, dan marzipan, dan dua campuran dari bau yang berbeda.

Para ilmuwan mengatakan robot mereka suatu hari nanti dapat digunakan untuk mendeteksi obat-obatan dan bahan peledak. Tidak berhenti di situ, mereka juga menggadang-gadang bahwa robot tersebut adalah produk dengan kemampuan ilmiah pertama di dunia.

Tapi perlu diketahui bahwa teknologi ini tidak benar-benar merupakan hal yang baru. Pada Juni 2022 para peneliti dari Michigan State University juga menerbitkan penelitian yang merinci sistem yang menggunakan belalang yang dimodifikasi untuk mendeteksi sel kanker.

Kemudian di 2016 juga para ilmuwan telah mencoba mengubah belalang menjadi cyborg pengendus bom. Terlepas dari temuan ini baru atau tidak, yang jelas temuan peneriti dari Israel ini patut diapresiasi lantaran temuan mereka merupakan yang paling matang dan konsepnya berhasil diadopsi ke sebuah robot.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News