Hebat! Mahasiswa FTP Universitas Jember Bikin Permen Antikaries Gigi, Gunakan Perasa Serai dan Lemon

Icon CameraRedaksi Celebrities
Rabu 25 Januari 2023 19:41 WIB
Hebat! Mahasiswa FTP Universitas Jember Bikin Permen Antikaries Gigi, Gunakan Perasa Serai dan Lemon
Mahasiswa FTP Universitas Jember Bikin Permen Antikaries Gigi, Gunakan Perasa Serai dan Lemon. (Foto:celebrities.id/Humas Universitas Jember)

JEMBER, celebrities.id - Terlalu banyak mengonsumsi permen atau makanan manis lainnya dapat menyebabkan karies hingga gigi berlubang. Melihat fakta ini, mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pangan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember, Maryam Tsaqifah Muwahhidah memperoleh ide kreatif.

Dia membuat permen lunak non sukrosa dengan perasa serai dan lemon yang bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab karies gigi.

“Sejak awal mula kuliah di Program Studi Teknologi Hasil Pangan, saya sudah tertarik meneliti pangan fungsional, khususnya pangan yang bisa berkontribusi kepada kesehatan. Dan ide permen lunak non sukrosa muncul saat dosen saya, Pak Aji Sukoco menantang kami untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di internal FTP," kata Ifah, Rabu (25/1/2023).

Berdasarkan referensi yang dia ketahui, angka penderita karies gigi pada anak di Indonesia tergolong tinggi. Oleh sebab itu, munculah ide membuat permen lunak non sukrosa yang sehat karena tanpa gula dan bisa mencegah karies gigi. Sehingga orang tua tak perlu khawatir anaknya bakal kena masalah gigi sebab dengan mengkonsumsi permen ini justru menghambat bakteri penyebab karies gigi.

Ifah membuat permen lunak non sukrosa dengan menggunakan sediaan nanoemulsi dari kombinasi minyak esensial serai dan lemon. Serai adalah salah atu tanaman yang mudah didapatkan di sekitar kita, sementara untuk minyak esensial lemon, Ifah memanfaatkan kulitnya yang sering terbuang jadi limbah.

Pemilihan minyak esensial serai dan lemon selain memberikan rasa, juga sebagai bahan utama yang akan menghambat perkembangan bakteri penyebab karies gigi. Pasalnya dari penelitian Ifah di Rumah Sakit gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jember, senyawa bioaktif keduanya terbukti efektif mencegah perkembangan bakteri penyebab karies gigi.

“Serai mengandung aktioksidan, antimikroba, anti radang bahkan mengurangi resiko kanker. Sementara lemon penuh dengan vitamin C, mikro nutrisi dan antioksidan seperti asam sitrat, hesperidin dan diosmin. Adanya lemon juga memberikan rasa segar yang khas untuk permen. Saya sengaja membuat sediaan kombinasi minyak esensial serai dan lemon dalam bentuk nanoemulsi dengan tujuan dapat meningkatkan bioavailabilitas senyawa bioaktif dalam minyak tersebut sehingga aktivitas antibakterinya dapat meningkat,” tutur Ifah.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2