Hebat! Pandemi Dorong Anak Bangsa Lahirkan Inovasi Canggih Perawatan Gigi 

Agung Bakti Sarasa
Selasa 21 Juni 2022 15:13 WIB
Hebat! Pandemi Dorong Anak Bangsa Lahirkan Inovasi Canggih Perawatan Gigi 
Anak Muda Indonesia temukan teknologi perawatan gigi. (Foto: Agung Bakti Sarasa/MNC)

BANDUNG, celebrities.id - Di balik dampak pandemi Covid-19 yang begitu dahsyat, banyak ide-ide brilian yang bermunculan, tidak terkecuali dalam dunia kedokteran gigi

Kini, seiring melandainya kasus Covid-19, ide brilian dalam hal perawatan gigi yang lahir dari pemikiran putra putri bangsa Indonesia itu berhasil diwujudkan. Hal itu ditandai dengan hadirnya alat canggih bernama GL Dexin+ Dental Aerosol Suction yang diklaim mampu menekan risiko penularan virus, termasuk Covid-19 saat perawatan gigi dilakukan. 

Alat canggih ini diciptakan berdasarkan kebutuhan dokter gigi saat merawat pasiennya. Berbagai kelebihan lainnya diklaim mampu mengurangi beban kerja dokter gigi karena teknologi canggih yang melekat di dalamnya membuat alat ini lebih praktis digunakan. 

Seluruh proses produksinya, mulai dari riset hingga pembuatannya pun dilakukan oleh tenaga-tenaga profesional anak bangsa di PT Gerlink Utama Mandiri, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang geoteknik dan laboratorium yang berdiri sejak 2016 di kawasan Gedebage, Kota Bandung. 

"Alat ini merupakan salah satu produk yang dibutuhkan oleh dokter gigi, khususnya pada masa pandemi untuk mengurangi risiko penularan Covid-19," ungkap salah satu inovator GL Dexin+ Dental Aerosol Suction, drg Lena Lia Napitupulu, MMRS, Selasa (21/6/2022). 

Menurut Lena, terciptanya alat canggih ini berawal dari masa pandemi pada 2020 lalu. Bersama beberapa dokter gigi, alat ini kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di klinik gigi. 

"Selama pandemi banyak pasien yang ragu untuk berkunjung ke rumah sakit karena produksi aerosol yang dihasilkan dari proses merawat dan memperbaiki gigi pasien berpotensi mengandung virus atau bakteri berbahaya," katanya. 

Lena menjelaskan, aerosol ini muncul saat tindakan pengeboran gigi yang bisa menyembur bersama dengan percikan droplet. Namun, dengan alat yang canggih ini, aerosol yang keluar akan dihisap, sehingga virus dan bakteri tak akan menyebar kemana-mana. 

"Alat ini memiliki dua fungsi sekaligus, yakni sebagai penghisap droplet dari tindakan medis dokter gigi (Extraoral) dan penghisap cairan dari tindakan medis pada mulut (Intraoral)," katanya. 

 

1
/
2