Heboh Agama Tentatif, Apa Arti dan Maksudnya?

Aura Sabrina
Jumat 13 Mei 2022 14:31 WIB
Heboh Agama Tentatif, Apa Arti dan Maksudnya?
Arti agama tentatif yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kalangan masyarakat ramai membicarakan tentang agama tentatif. Bahkan, sebagian orang baru mendengar kata tersebut dan seringkali bertanya-tanya apa itu agama tentatif. Pasalnya agama tentatif masih sangat asing di telinga masyarakat. 

Ada juga beberapa figur publik menuliskan kolom agamanya dengan menambahkan kata tentatif seperti tentatif Kristen atau tentatif Islam.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (13/5/2022), berikut penjelasan tentang agama tentatif yang sedang ramai dibicarakan. 

Maksud dan arti agama tentatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata agama adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungannya. Sedangkan kata tentatif menurut KBBI yang artinya belum pasti dan masih bisa berubah.

Jadi, penggunaan kata agama tentatif merujuk pada keyakinan seseorang yang masih belum pasti atau dapat berubah di kemudian hari. 

Apabila ada seseorang yang menuliskan kata tentatif dalam kolom agamanya, itu berarti dia meyakini sebuah keyakinan namun masih bersifat sementara dan dapat berubah jika dia sudah memantapkan hatinya sesuai dengan keyakinan yang dia pilih nantinya.

Editor : Tia Ayunita