Heboh Fenomena Ikan Beterbangan ke Darat, KPKP Jakut Sebut Aman Dikonsumsi

Icon CameraYohannes Tobing
Rabu 11 Januari 2023 07:38 WIB
Heboh Fenomena Ikan Beterbangan ke Darat, KPKP Jakut Sebut Aman Dikonsumsi
Heboh fenomena ikan beterbangan ke darat, KPKP Jakut sebut aman dikonsumsi. (Foto: celebrities.id/Sudin KPKP)

JAKARTA, celebrities.id - Baru-baru ini publik digegerkan dengan enomena alam ikan beterbangan ke daratan. Hal itu kembali terjadi di wilayah pesisir Jakarta Utara, tepatnya di salah satu dermaga Pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam rekaman video amatir yang beredar, sejumlah petugas pelabuhan terlihat asyik mengambil puluhan ikan yang melompat ke ujung dermaga. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto menyebut ribuan ikan itu aman dikonsumsi.

"Infonya seperti itu tetapi kami pastikan kalaupun ikan naik ke darat itu dari hasil uji laboratorium yang dilakukan beberapa hari lalu di Pulau Seribu enggak ada racun. Jadi, layak dikonsumsi masyarakat gak usah panik," kata Unang dikonfirmasi, Rabu (11/1/2023).

Dijelaskan Unang, fenomena alam ribuan ikan berterbangan ke daratan itu disebabkan perbedaan suhu dan oksigen pada air laut. Bukan hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga sejumlah wilayah pesisir di Indonesia.

"Itu fenomena alam kejadiannya di mana, di NTT juga iya, itu karena ada perbedaan suhu dan oksigen sehingga ikan ke atas mencari udara karena efek cuaca yang ekstrem dengan adanya air tawar masuk ke situ," ucapnya.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News