Heboh Turis Asing Kencing di Kawah Gunung Bromo, Pengelola Wisata Telusuri Identitasnya 

Avirista Midaada
Rabu 14 September 2022 17:46 WIB
Heboh Turis Asing Kencing di Kawah Gunung Bromo, Pengelola Wisata Telusuri Identitasnya 
Heboh Turis Asing Kencing di Kawah Gunung Bromo, Pengelola Wisata Telusuri Identitasnya. (Foto:celebrities.id/freepik)

MALANG, celebrities.id - Pengelola Wisata Gunung Bromo melakukan penyelidikan terkait identitas dari turis asing yang nekat kencing sembarangan. Pasalnya sang turis asing ini kencing sembarangan di salah satu gunung yang disakralkan oleh masyarakat Suku Tengger.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengungkapkan, masih melakukan penyelidikan terkait identitas sebenarnya dari turis asing tersebut.

"Masih dipantau (identitasnya). Kita dapat dari medsos, teman-teman di lapangan masih saya pantau belum tahu waktunya. Nanti akan coba tanya record-nya lokasi kejadiannya kapan," ucap Sarif saat dihubungi MNC Portal, pada Rabu sore (14/9/2022).

Diakui memang sejauh ini prosedur masuk ke kawasan Wisata Gunung Bromo telah diberikan pemberitahuan di sistem dan persyaratan, saat melakukan pembelian dan pembayaran tiket secara online. Tetapi identitas pembeli tiket sebenarnya bisa berbeda dengan yang memasuki area TNBTS.

"Nanti kita cek, akunnya sudah search juga akan kita cek. Booking online modusnya macam-macam, masuk namanya siapa, tapi bookingnya siapa," kata dia kembali.

Nantinya untuk mengantisipasi hal serupa pihaknya bakal memperketat pengawasan dan mengedukasi masyarakat, termasuk pelaku jasa wisata agar saling mengingatkan. 

"Kita akan edukasi melalui media sosial dan sarana media lainnya. Kita punya forum pelaku jasa wisata, nanti akan kita sampaikan walaupun di booking Bromo online ada ketentuan aturannya, salah satunya menghormati aturan kearifan lokal masyarakat," katanya.

 

1
/
2