Hepatitis Akut Misterius Bisa Jadi Pandemi? Ini Penjelasan Kemenkes

Kevi Laras
Senin 16 Mei 2022 15:25 WIB
Hepatitis Akut Misterius Bisa Jadi Pandemi? Ini Penjelasan Kemenkes
Hepatitis akut misterius bisa jadi pandemi? (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Jumlah kasus Hepatitis akut misterius di dunia semakin meningkat. Melihat hal tersebut membuat masyarakat cemas, khawatir ini bisa jadi wabah yang meluas, seperti pandemi Covid-19.

Mendengar hal tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap bahwa penyakit yang masih misterius ini, tidak akan menjadi pandemi seperti Covid-19.  

"Nggak," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid kepada MNC Portal, Senin (16/5/2022)

Sejauh ini, jumlah kasus yang diduga Hepatitis akut misterius masih bertahan pada 18 kasus. Diketahui, dari 18 kasus, ditemukan 7 kasus Discarded (disingkirkan) dari penelitian.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers terkait update Hepatitis akut di Indonesia, Jumat (13/5/2022). Dokter Syahril menerangkan tujuh kasus disingkirkan karena beberapa positif Hepatitis. 

"Alasan disingkirkan dari diagnosis hepatitis karena ternyata ada (virus) hepatitis A, satu hepatitis B, ada yang tipes, dan demam berdarah dengue," ujar dr Syahril dalam konferensi pers Kementerian Kesehatan, dikutip Sabtu (14/5/2022).

 

1
/
2