Hepatitis Menginfeksi lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Begini Cara Mencegahnya!

Kevi Laras
Jumat 06 Mei 2022 11:08 WIB
Hepatitis Menginfeksi lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Begini Cara Mencegahnya!
Waspadai Hepatitis Misterius pada anak. (celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Wabah Hepatitis menyerang anak-anak di Indonesia. Meski belum diketahui penyebabnya, dokter anak menyebutkan dugaan awal disebabkan virus menyerang saluran cerna dan saluran pernapasan.

Virus tersebut adalah Adenovirus, SARS CoV-2 virus ABV, diduga telah masuk ke Indonesia setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit misterius ini.

"Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan/minuman dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat makan bersama orang lain serta menghindari kontak anak-anak dari orang sakit agar tetap sehat," ujar Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Kamis (5/5/2022).

Selain itu, untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Dalam kesempatan yang sama, dia menganjurkan saat anak mengalami gejala tersebut, orang tua segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal. Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, maka momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil.

“Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu gejalanya lebih berat, kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat," ucapnya. 

 

1
/
2