Hindari Risiko Kecelakaan, 6 Hal Ini Harus Diperhatikan Pengendara  

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Rabu 25 Januari 2023 21:35 WIB
Hindari Risiko Kecelakaan, 6 Hal Ini Harus Diperhatikan Pengendara  
seorang pengemudi harus menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan.. (Foto: celebrities.id/MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Sebagai bentuk tanggung jawab, seorang pengemudi harus menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan.

Salah satu yang harus diperhatikan ialah pergerakan kendaraan di sekitarnya, hal ini penting guna meredam kecelakaan gegara hal lalai tersebut.

“AutoFamily akan menemukan berbagai macam sikap dan perilaku berkendara yang berbahaya di jalan. Perhatikan dengan seksama, jaga jarak aman, serta fokus dan waspada supaya terhindar dari kecelakaan,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 dalam keterangan resmi.

Guna meminimalisir kelalaian dalam berkemudi, simak berikut tips berikut ini, seperti dikutip dari Auto2000, Rabu (25/1/2023).

1. Manuver Sembarangan

Masih banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak mematuhi aturan lalu lintas sehingga melakukan manuver sembarangan. Misalnya, pindah lajur tanpa memperhatikan mobil lain di sekitarnya. 

Ketika melihat hal tersebut, maka jangan ragu untuk segera menjaga jarak aman dan tidak terprovokasi oleh tindakan mereka.

2. Melawan Arah

Tidak hanya sepeda motor, pengemudi mobil juga ada yang nekat melawan arah demi kepentingannya sendiri. 

Meski salah, AutoFamily sebaiknya tidak terpancing emosi atas hal tersebut dan berusaha menjaga jarak aman dengan cara menghindar.

3. Bermain Ponsel

Memainkan ponsel dengan alasan apa pun tidak diperbolehkan ketika sedang mengendarai mobil. 

Perilaku tersebut akan memecah fokus pengemudi dan bisa menyebabkan mobil pindah jalur tanpa disadari.

4. Lampu Rem Mati

Masih banyak pengemudi yang tidak peduli lampu rem mobilnya berfungsi dengan baik atau tidak. 

Padahal, lampu rem sangat penting sebagai tanda bagi kendaraan di belakangnya untuk bersiap melakukan pengereman. 

Hindari mengikuti dari belakang kendaraan yang lampu remnya mati, seperti dengan pindah lajur atau menyalip saat kondisi lalu lintas aman.

5. Membunyikan Klakson Seenaknya

Membunyikan klakson seenaknya dapat memicu emosi pengendara lain, hingga tak jarang terjadi perselisihan. Untuk mengatasinya, pengendara harus bisa menahan emosinya dan tidak terpengaruh dengan sikap mereka. Bahkan, berikan jalan kepada mereka jika memungkinkan untuk menciptakan suasana yang kondusif.  

6. Salah Memberikan Sinyal

Ada banyak pengendara yang tidak memberikan sinyal dengan tepat, seperti menyalakan sein kanan saat akan berbelok ke kiri. 

Bahkan, mereka tidak memberikan tanda apa pun, misalnya lambaian tangan. Untuk itu, penting bagi AutoFamily untuk tetap menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News