Hobi Makan Gorengan? Ini Risiko Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Kevi Laras
Kamis 12 Mei 2022 16:09 WIB
Hobi Makan Gorengan? Ini Risiko Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh
Inilah bahaya konsumsi gorengan buat tubuh. (Foto: shape-indonesia)

JAKARTA, celebrities.id - Siapa yang tak suka makan gorengan? Camilan khas Indonesia ini memiliki banyak pecinta. Tapi, tanpa disadari gorengan ternyata memiliki  berbagai penyakit dalam tubuh.

Dokter Spesialis Gizi tidak melarang siapapun untuk menyantap makanan yang digoreng, seperti gorengan. Dia mengingatkan agar meminimalisirnya dalam menu diet sehari-hari.

"Kenapa mengonsumsi gorengan atau lemak yang tinggi tidak boleh berlebihan karena energinya atau kalorinya dua kali lipat lebih tinggi dari karbohidrat dan protein," ujar Ahli Gizi, dr Elfina Rachmi, MGizi, SpGK, Kamis (12/5/2022).

Dia menyarankan agar memilih lemak baik yang justru bermanfaat bagi kesehatan. Di mana dia merekomendasikan agar orang-orang mengetahui status gizi masing-masing yakni melalui perhitungan indeks massa tubuh (IMT).

"Kita cukup mengetahui berat badan dalam kg dan tinggi badan dalam meter saat ini. Kita bagi berat badan dan tinggi badan (dalam satuan kuadrat meter). Tinggal dilihat indeks massa tubuhnya," tuturnya.

 

1
/
2