Honda Bangun Ruangan Khusus untuk Rakit New CBR250RR, demi Jaga Kualitas High Performance

Muhamad Fadli Ramadan
Senin 19 September 2022 17:05 WIB
Honda Bangun Ruangan Khusus untuk Rakit New CBR250RR, demi Jaga Kualitas High Performance
Honda meluncurkan New CBR250RR. (Foto; celebrities.id/Muhamad Fadli Ramadan)

KARAWANG, celebrities.id - PT Astra Honda Motor membangun ruang khusus di Honda Plant Karawang, Jawa Barat, untuk perakitan NewCBR250RR. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas motor yang dihasilkan agar memenuhi standar performa yang diharapkan.

Bukan hanya ruangan, seluruh teknisi yang merakit setiap bagian New CCBR250RR juga dipilih khusus dan bersertifikat. Setiap mekanik yang memasuki ruangan juga perlu melakukan sterilisasi demi mencegah partikel debu yang dapat menempel pada komponen mesin.

"New CBR250RR ini mengusung konsep high performance. Jadi setiap partikel debu yang menempel dikhawatirkan bisa mengurangi performa mesin," kata Aris Risdiyanto, Honda Manager Plant Karawang Division, saat ditemui di Karawang, Senin (19/9/2022).

"Seluruh teknisi menggunakan patch khusus yang menandakan mereka telah tersertifikasi untuk merakit New CBR250RR. Pakaian dan sepatu kerja mereka juga khusus," ucapnya.

Tapi, seluruh mekanik tidak menggunakan sarung tangan khusus dalam merakit New CBR250RR. Aris mengungkapkan bahwa hal tersebut demi menjaga keakuratan dalam merakit seluruh komponen mesin.

"Perasaannya bisa berbeda jika menggunakan sarung tangan. Dikhawatirkan tidak presisi jika tidak menggunakan sarung tangan," ujar Aris.

Meski dirakit di ruang khusus dengan 32 teknisi, tapi dalam satu hari bisa menghasilkan 40 unit New CBR250RR, dengan hitungan 420 detik untuk satu unit motor.

"Total dalam satu tahun kami memiliki target perakitan sebanyak 9.000 unit New CBR250RR yang akan disebarkan di Indonesia dan di seluruh dunia," ucap Aris.

AHM menegaskan New CBR250RR akan tersedia dalam pada awal Oktober 2022. Masalah semikonduktor yang telah terselesaikan membuat proses tunggu atau inden bagi pelanggan bisa lebih cepat.

Editor : Hadits Abdillah