Honda dan GS Yuasa Kolaborasi, Garap Baterai Berkapasitas Tinggi 

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Senin 23 Januari 2023 19:38 WIB
Honda dan GS Yuasa Kolaborasi, Garap Baterai Berkapasitas Tinggi 
Honda dan GS Yuasa kolaborasi kembangkan baterai berkapasita tinggi. (Foto: celebrities.id/The Volge)

JAKARTA, celebrities.id - Honda Motor Company dan GS Yuasa International Ltd mencapai kesepakatan untuk mengarap baterai lithium-ion berkapasitas tinggi pada akhir 2023.

Dalam kesepakatan itu, akan tercipta sebuah perusahaan patungan yang nantinya fokus dalam pengembangan baterai.

Dikutip Reuters, Senin (23/1/2023), kerja sama ini akan bergerak pada penelitian dan pengembangan baterai lithium-ion serta metode produksinya. 

Mereka juga akan membangun rantai pasokan untuk bahan baku utama dan sistem produksi baterai.

Tentunya kerja sama ini menjadi menarik, dan berkesinambungan. Dimana Honda pabrikan kendaraan terkemuka, jalin kolaborasi dengan GS Yuasa yang berbasis di Kyoto yang merupakan spesialis dalam pengembangan dan produksi asam timbal dan baterai lithium-ion. 

Produknya telah digunakan pada mobil, sepeda motor, dan area lain termasuk aplikasi angkatan udara dan lembaga pertahanan negara.

Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer of Honda Motor Co., Ltd. Mengatakan bahwa langkah ini diambil Honda untuk mewujudkan netralitas karbon pada semua produk dan aktivitas perusahaan pada 2050.

Honda dan GS Yuasa telah bekerja sama menciptakan baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik hybrid (HEV), dan kolaborasi baru ini akan semakin mempercepat strategi elektrifikasi Honda menuju pencapaian tujuan netralitas karbon kami,” kata Mibe dikutip dari Autofutures.

Berdasarkan filosofi perusahaan tentang Inovasi dan Pertumbuhan, Osamu Murao selaku Presiden dan Direktur Perwakilan GS Yuasa International Ltd mengungkapkan kerja sama ini sebagai langkah penting perusahaan.

“GS Yuasa telah menghadapi tantangan untuk menciptakan teknologi energi sambil mengumpulkan berbagai pengetahuan dan penglaman terkait baterai. Melalui kolaborasi baru dengan Honda, kami akan berkontribusi pada penyebaran kendaraan listrik lebih lanjut, kepada pelanggan di seluruh dunia,” ucapnya.

Sementara, perusahaan patungan yang dibentuk oleh Honda dan GS Yuasa bertujuan untuk membangun dan mengelola kekayaan intelektual. 

Hal itu termasuk paten terkait dengan penelitian dan pengembangan yang dilakukan bersama.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News