HP PHK 6 Ribu Karyawan, Gegara Permintaan PC Turun

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Kamis 24 November 2022 06:47 WIB
HP PHK 6 Ribu Karyawan, Gegara Permintaan PC Turun
HP Inc PHK hingga enam ribu karyawan. (Foto: celebrities.id/Instagram @hpindonesia)

PALO ALTO, celebrities.id - Sejumlah perusahaan teknologi ternama dunia belakangan ini heboh melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal pada karyawannya. Kali ini, kabar tidak menyenangkan itu datang dari HP Inc.

Dilansir laman Gizmodo, Kamis (24/11/2022), dalam melaporkan hasil Q4 dan tahun fiskalnya, HP mengumumkan pengurangan tenaga kerjanya hingga enam ribu orang di akhir tahun fiskal 2025 mereka.

PHK dilakukan sebagai bagian dari rencana restrukturisasi yang lebih luas, yang disebut rencana transformasi Siap Masa Depan. Kabar tersebut diumumkan oleh HP dalam laporan pendapatannya yang diterbitkan minggu ini.

Dengan rencana restrukturasi, perusahaan HP Inc berharap bisa menghemat 1.4 miliar dolar Amerika Serika (AS) atau sekira Rp21.8 triliun pada akhir tahun fiskal 2025.

Mengenai rencana restrukturasi tersebut HP dikabarkan akan memangkas empat ribu hingga enam karyawan dalam tiga tahun ke depan.

"Perusahaan memperkirakan akan mengeluarkan sekitar 1 miliar dollar AS (Rp15,6 triliun) untuk biaya tenaga kerja dan non-tenaga kerja terkait dengan restrukturisasi dan biaya lainnya, dengan sekitar 0,6 miliar (sekira Rp9,3 triliun) pada tahun fiskal 2023, dan sisanya dibagi kira-kira sama antara tahun fiskal 2024 dan 2025," ujar pihak HP dalam laporannya, seperti yang dikutip dari Gizmodo. 

 

1
/
2