Hutan Eksperimen, Destinasi Wisata Unik di Jepang

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Senin 07 Juni 2021 21:06 WIB
Hutan cedar di Prefektur Miyazaki Jepang merupakan rumah bagi sejumlah tanaman dengan pola seperti lingkaran yang tidak biasa. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Hutan cedar di Prefektur Miyazaki Jepang merupakan rumah bagi sejumlah tanaman dengan pola seperti lingkaran yang tidak biasa. Bentuk pola aneh tersebut hanya bisa terlihat dari atas dan beredar di internet sekira tiga tahun lalu.

Alhasil, pola yang tidak biasa itu memicu berbagai jenis teori konspirasi, mulai alien hingga eksperimen rahasia pemerintah. Namun setelah dilakukan penyelidikan, terungkaplah fakta sesungguhnya.

Merangkum Oddity Central pada Senin (7/6/2021), ternyata bentuk aneh tersebut adalah salah satu eksperimen yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang. 

Pada 1973, sebuah area di dekat Kota Nichinan ditetapkan sebagai perhutanan eksperimental. Hasil dari eksperimen selama puluhan tahun tersebut dapat dilihat pada hari ini. 

Salah satu percobaan yang dilakukan di daerah tersebut adalah mengukur pengaruh jarak pohon terhadap pertumbuhan. Mereka menanam pohon cedar dengan jarak sepuluh derajat hingga akhirnya membentuk sepuluh lingkaran konsentris yang semakin kompak. 

 

1
/
2