Hwang Dong Hyuk: Squid Game Gambaran Masyarakat yang Dirusak Kapitalisme

Andaru Danurdana
Sabtu 25 September 2021 18:29 WIB
Hwang Dong Hyuk: Squid Game Gambaran Masyarakat yang Dirusak Kapitalisme
Sutradara Hwang Dong Hyuk dalam Squid Game. (Foto: celebrities.id/variety)

SEOUL, celebrities.id - Drama Korea Squid Game berhasil menyapu bersih peringkat satu chart layanan streaming di seluruh dunia. Serial yang mengisahkan permainan saling membunuh ini merupakan karya sutradara Hwang Dong Hyuk.

Selain nyaris tak ada cela, Hwang Dong Hyuk menuturkan alur cerita Squid Game terinspirasi dari kehidupan sehari-hari warga Korea Selatan. Menurut dia, struktur sosial masyarakat Negeri Ginseng itu dalam tahap mengkhawatirkan, semua orang harus kompetitif agar bisa bertahan hidup.

Menurut dia, kendati maju pesat secara ekonomi, warga yang dipimpin presiden Moon Jae In itu kian terjerembap dalam jebakan kapitalisme. Dia menegaskan, ketika uang dianggap sebagai sumber utama kebahagiaan, maka manusia akan hidup menderita dan kehilangan arah sebagai makhluk sosial.

“Aku ingin menulis cerita alegori kehidupan manusia di era kapitalisme. Di Squid Game, para peserta harus melalui permainan kejam demi mendapat kekayaan, sama seperti dunia nyata yang penuh kekejaman bagi mereka yang miskin,” tutur Hwang Dong Hyuk dilansir dari Variety, Sabtu (25/9/2021).

Menurut dia, industri hiburan di Korea Selatan memberikan kemakmuran bagi segelintir golongan, yang secara simultan mendorong kelompok mayoritas ke jurang kemiskinan dan hidup putus asa.

 

1
/
2