Hypercar Buggati Centodieci Lulus Tes Uji Coba Cuaca Panas, Siap-Siap ke Tahap Produksi  

Bertold Ananda
Senin 18 Oktober 2021 17:29 WIB
Hypercar Buggati Centodieci Lulus Tes Uji Coba Cuaca Panas, Siap-Siap ke Tahap Produksi  
Hypercar Buggati Centodieci lulus uji cuaca panas. (Foto: Autoblog)

JAKARTA, celebrities.id - Hypercar dan supercar identik dengan mesin dan tenaga yang besar. Namun, di balik dahsyatnya kecepatan itu, terdapat permasalahan dan kekurangan yang nampak krusial yakni dari sektor pendinginan mesin.

Banyak sekali kasus supercar mengalami overheat dan sampai terbakar lantaran tak kuat menahan panasnya mesin dan cuaca yang bercampur. Akan tetapi, sebuah Hypercar Centodieci yang satu ini  cukup berbeda. Untuk pengujiannya,  hypercar ini perlu memerlukan serangkaian tes validasinya sendiri.

Setelah menghadapi arena cirkuit Nürburgring, hypercar edisi terbatas itu di tes melaju di tengah panasnya gurun pasir di Barat Daya Amerika.

Dilansir dari Autoblog, Senin (15/10/2021), sebanyak 27 insinyur di belakangnya, tim Bugatti memulai uji cuaca panas di California dan berkelok-kelok ke timur sejauh sekitar 500 mil hingga mencapai Arizona, di mana suhu terkadang naik hingga lebih dari 120 derajat. 

Stefan Schmidt selaku seorang insinyur di departemen pengembangan kendaraan keseluruhan Bugatti mengatakan, pengujian di gurun yang panas dan kering sangat membantu dalam proses pengembangan.

Konvoi itu termasuk delapan mobil, prototipe Centodieci, tiga contoh Chiron Pur Sport, dan empat contoh Chiron Super Sport. Masing-masing dilengkapi dengan sekitar 200 sensor yang merekam berbagai parameter yang dikirim ke para insinyur yang bepergian dengan konvoi dan ke tim pengembangan di Wolfsburg, Jerman.

 

1
/
2