Hyundai Teken MoU dengan Indonesia, Segera Bangun Pusat Riset dan Pengembangan Mobil Terbang di IKN

Icon CameraIqbal Dwi Purnama
Kamis 17 November 2022 10:56 WIB
Hyundai Teken MoU dengan Indonesia, Segera Bangun Pusat Riset dan Pengembangan Mobil Terbang di IKN
Hyundai teken MoU dengan IKN. (Foto: celebrities.id/Instagram @ikn_id)

JAKARTA, celebrities.id – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Hyundai telah melakukan penandatanganan kerja sama. Tujuannya untuk pengembangan mobil terbang atau Advanced Air Mobility (AAM).

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi mengatakan kolaborasi ini merupakan wujud komitmen menjadikan IKN Nusantara sebagai pusat inovasi dan teknologi. Ke depan, hal itu juga diharapkan akan menarik pengembangan bisnis dan ekonomi hijau di Indonesia.

"Sebagai bagian dari kerja sama tersebut, Hyundai juga akan mendirikan pusat Research & Development AAM di IKN Nusantara," kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, masuknya pusat Inovasi dan pengembangan tersebut nantinya dapat mengakselerasi dan meningkatan riset teknologi di Indonesia. Terutama, hal itu akan menjadikan IKN sebagai pusat pengembangan industri AAM di regional Asia Tenggara.

Dimulai dari awal 2023 Hyundai akan membuat peta jalan pengembangan AAM dan perencanaan Proof of Concept (PoC) dalam bidang Urban Air Mobility (UAM) dan Regional Air Mobility (RAM) serta ekosistemnya.

Sekadar informasi perjanjian kerjasama itu ditandatangani oleh Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dengan President Advanced Air Mobility Division, Hyundai Motor Company Jaiwon Shin terkait realisasi Advanced Air Mobility (AAM).

"Penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan dengan pelaporan langsung kepada Presiden Republik Indonesia dan Presiden Korea Selatan pada acara puncak B20 Summit," ucapnya.

Editor : Lisvi Padlilah