IDI Bentuk Tim Satgas, Tangani Monkeypox hingga Hepatitis Akut

Muhammad Sukardi
Rabu 22 Juni 2022 12:00 WIB
IDI Bentuk Tim Satgas, Tangani Monkeypox hingga Hepatitis Akut
IDI bentuk tim satgas. (celebrities.id/Healthline)

JAKARTA, celebrities.id - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) akan membuat Satgas monkeypox atau cacar monyet hingga hepatitis akut. Satgas tersebut akan berisi anggota organisasi profesi IDI. 

Hal ini diumumkan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Adib Khumaidi

"Kami akan membuat Satgas yang berisikan anggota organisasi profesi IDI. Ini diharapkan dapat mengantisipasi penyakit pandemi maupun endemi, termasuk juga penyakit hepatitis akut dan cacar monyet," kata Adib pada awak media di Kantor PB IDI, Jakarta Pusat, kemarin (21/6/2022).

Hepatitis akut sendiri hingga sekarang penyebabnya masih misterius. Meski begitu, Satgas tetap diperlukan untuk terus mengantisipasi keparahan terjadi. 

Pun dengan cacar monyet, kata Adib, sekalipun kasusnya belum ditemukan di Indonesia, tapi Satgas tetap diperlukan untuk mencegah penyakit itu masuk dan mengantisipasi hal terburuk misal kasusnya ditemukan di Indonesia. 

Sejauh ini, Satgas Covid-19 IDI sudah ada dan diharapkan peran organisasi profesi ini bisa maksimal di masyarakat, sehingga BA.4 dan BA.5 tidak menjadi gelombang keempat yang diprediksi terjadi pada akhir Juli. 

Di sisi lain, Dokter Spesialis Paru dr Agus Dwi Susanto, Sp.P, menjelaskan bahwa Indonesia tak hanya menghadapi masalah Covid-19, tetapi ada beberapa penyakit menular lainnya yang tetap harus jadi perhatian. 

"Hepatitis akut misalnya. Itu adalah penyakit menular yang perlu jadi perhatian karena kasusnya perlahan terus bertambah. Kami dari PB IDI akan terus melakukan kajian dan mengeluarkan rekomendasi untuk mengantisipasi kondisi terburuk," tutur dr Agus. 

 

1
/
2