Ilkay Gundogan Beberkan Penyebab Timnas Jerman Kalah, Terlalu Anggap Remeh Jepang!

Icon CameraRio Eristiawan
Rabu 23 November 2022 23:21 WIB
Ilkay Gundogan Beberkan Penyebab Timnas Jerman Kalah, Terlalu Anggap Remeh Jepang!
Ilkay Gundogan Beberkan Penyebab Timnas Jerman Kalah, Terlalu Anggap Remeh Jepang! (Foto:celebrities.id/Instagram @ilkayguendogan)

DOHA, celebrities.id - Tim nasional (Timnas) Jerman harus menelan kekalahan saat berhadapan dengan Jepang di laga perdana penyisihan Grup E Piala Dunia.

Gelandang Die Mannschaft -julukan Timnas Jerman, Ilkay Gundogan mengakui timnya menganggap remeh Jepang.

Pertandingan tersebut dilangsungkan di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Timnas Jerman tidak berhasil mendapatkan poin usai menelan kekalahan 1-2 dari Samurai Biru -julukan Timnas Jepang.

Sempat unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui Ilkay Gundogan (33'), tetapi Timnas Jerman tampak kesulitan mengimbangi perlawan tim lawan pada babak kedua. Hasilnya, Jepang berhasil memastikan poin penuh usai Ritsu Doan (75’) dan Takuma Asano (83’) mencetak gol.

Selepas pertandingan, Gundogan mengakui Timnas Jerman menganggap remeh Jepang. Menurutnya Jepang bisa dengan mudah mencetak gol kedua dan seharusnya hal tersebut tak boleh terjadi, karena tampil di Piala Dunia.

"Kami membuatnya terlalu mudah untuk Jepang. Gol kedua khususnya, itu seharusnya tidak terjadi, kami berada di Piala Dunia," kata Gundogan dilansir dari I Mia San Mia, Rabu (23/11/2022).

Gelandang Manchester City itu pun mengakui Manuel Neuer sudah berjuang untuk mengawal gawang Timnas Jerman dari serangan lawan. Gundogan pun menilai timnya bisa mencetak gol, tetapi tak berhasil.

"Manu (Manuel Neuer) menyelamatkan kami beberapa kali. Kami memiliki peluang luar biasa untuk mencetak gol tetapi tidak berhasil itu 2-0. Itu tidak boleh terjadi pada kami," katanya.

Sementara, kekalahan dari Jepang membuat Timnas Jerman mencatatkan rekor buruk di Piala Dunia. Pasalnya, anak asuhan Hansi Flick tersebut harus menelan dua kekalahan beruntun di laga pembuka Piala Dunia sepanjang sejarah.

Sebelumnya di Piala Dunia 2018 Rusia, Timnas Jerman juga harus menelan kekalahan di laga pembuka. Saat itu, Manuel Neuer dkk harus takluk dari tangan Meksiko dengan skor akhir 0-1.

Sementara, Timnas Jerman bakal memiliki rintangan yang besar untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya, mereka harus menghadapi tim kuat lainnya, seperti Spanyol, dan tim yang bisa menjadi kuda hitam, Kosta Rika.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra