Ilmuwan Ciptakan Robot dengan Ukuran Mikroskopik, Tak Lebih dari 250 Mikrometer

Tangguh Yudha
Jumat 23 September 2022 22:41 WIB
Ilmuwan Ciptakan Robot dengan Ukuran Mikroskopik, Tak Lebih dari 250 Mikrometer
Ilmuwan Ciptakan Robot dengan Ukuran Mikroskopik, Tak Lebih dari 250 Mikrometer. (Foto:celebrities.id/Endgadget)

JAKARTA, celebrities.id - Robot dengan ukuran mini mungkin sudah sering dijumpai. Seorang ilmuwan bernama Cornell berhasil menciptakan robot dalam versi yang lebih advance.

Seperti dilansir dari Engadget, Jumat (23/9/2022), Cornell sukses merancang robot dengan ukuran mikroskopik tidak lebih dari 250 mikrometer. Menariknya lagi, robot ini bisa bergerak sendiri tanpa remot kontrol. Ini dimungkinkan oleh otak elektronik yang sebenarnya teknologinya sendiri masih sangat basic. Robot bisa menggerakan kakinya yang berjumlah enam buah dengan sangat mulus.

Triknya adalah dengan membangun sirkuit semikonduktor oksida logam komplementer atau CMOS, seperti yang dikenal oleh para penggemar komputer yang sinyalnya menghasilkan frekuensi gelombang persegi fase-geser yang mengatur kiprah kaki robot berbasis platinum. Kemudian Fotovoltaik mengontrol kedua kaki dan sirkuit. Desainnya sendiri cukup kompleks hanya dengan 1.000 transistor yang mana GeForce RTX 4090 memiliki 76,3 miliar.

Penemuan ini memang jauh dari robot otonom skala besar yang lebih canggih. Tapi dengan ukurannya yang sangat kecil, robot masih bisa bergerak maju secara mandiri, tidak seperti yang lainnya. Para peneliti melihat ini sebagai permulaan. Mereka percaya robot mikro masa depan bisa menjadi sangat penting untuk perawatan kesehatan, di mana mereka dapat melakukan operasi internal dan membersihkan pembuluh darah.

Di bidang lain, mereka dapat mendeteksi bahan kimia dan menghilangkan polutan. Robot seperti itu kemungkinan akan memiliki kemampuan maksimalnya bertahun-tahun lagi, tetapi proyek ini menunjukkan bahwa itu bukanlah hal yang mustahil.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra