Ilmuwan India Dapat Sinyal Misterius dari Galaksi yang Berjarak 9 Miliar Tahun Cahaya, dari Alien?

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Senin 23 Januari 2023 20:41 WIB
Ilmuwan India Dapat Sinyal Misterius dari Galaksi yang Berjarak 9 Miliar Tahun Cahaya, dari Alien?
Ilmuwan dapat menagkap sinyal dari galaksi. (Foto: Metro.co.uk)

JAKARTA, celebrities.id - Para Ilmuwan berhasil menangkap sinyal radio misterius dari sebuah galaksi yang jaraknya 9 miliar tahun cahaya dari Bumi. Apakah dari alien?

Namun, para ilmuwan menegaskan bahwa sinyal tersebut bukan dikirim oleh alien tetapi dipancarkan dari galaksi pembentuk bintang yang disebut 'SDSSJ0826+5630', ketika alam semesta baru berusia 4,9 miliar tahun.

Dilansir Metro, Senin (23/1/2023), sinyal radio ini sangat istimewa karena berada pada panjang gelombang tertentu yang dikenal sebagai 'garis 21 cm'.Ā 

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa sinyal misterius ini memungkinkan para astronom untuk mengintip ke dalam rahasia alam semesta awal.

"Ini setara dengan melihat ke belakang dalam waktu 8,8 miliar tahun," kata Arnab Chakraborty, seorang ahli kosmologi dan salah satu penulis studi tentang deteksi tersebut.Ā 

Lebih lanjut Arnab menyebut bahwa ini adalah pertama kalinya sinyal radio jenis ini terdeteksi pada jarak yang sangat jauh.

"Sebuah galaksi memancarkan berbagai jenis sinyal radio. Hingga saat ini, hanya mungkin menangkap sinyal khusus ini dari galaksi terdekat, membatasi pengetahuan kita pada galaksi-galaksi yang lebih dekat ke Bumi,” tuturnya.

Para peneliti dari Montreal dan India mampu menangkap sinyal tersebut dengan bantuan Teleskop Radio Metrewave Raksasa di India. Penemuan ini diumumkan minggu ini dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, di mana dikatakan sinyal ditangkap dari jarak yang memecahkan rekor berkat bantuan fenomena alami yang disebut lensa gravitasi.

"Pelensaan gravitasi memperbesar sinyal yang datang dari objek yang jauh untuk membantu kita mengintip ke alam semesta awal," kata peneliti lain yang bernama Nirupam Roy.

Dalam hal ini, sinyal dibelokkan oleh kehadiran galaksi lain dan diperbesar, memungkinkan teleskop untuk menangkapnya.Ā 

Dengan menggunakan sinyal tersebut, para peneliti sudah dapat mengukur komposisi gas dari galaksi jauh asalnya. Para peneliti menemukan bahwa massa atom dari kandungan gas galaksi khusus ini hampir dua kali massa bintang yang terlihat oleh manusia.

Jadi, meski alien mungkin belum pernah menghubungi Bumi, penemuan ini masih membuka peluang baru untuk menyelidiki evolusi kosmik bintang dan galaksi dengan teleskop radio frekuensi rendah.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News