Ilmuwan Israel Klaim Vaksin Covid-19 Sebabkan Herpes, Benarkah?

Muhammad Sukardi
Jum'at 23 April 2021 01:04 WIB
Para ahli mengungkap bahwa infeksi herpes mungkin bagian dari efek samping vaksin Covid-19. (Foto: celebrities.id/Dok_MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Para ahli mengungkap bahwa infeksi herpes mungkin bagian dari efek samping vaksin Covid-19.

Kantor berita Fox News telah mengafirmasi bahwa ilmuwan Israel mengidentifikasi adanya enam kasus dalam studi baru pasien yang mengembangkan ruam kulit yang dikenal dengan herpes zoster setelah menerima vaksin Covid-19 merek Pfizer. Laporan ini diterbitkan di jurnal Rheumatology.

"Herpes zoster (HS) dimulai dengan munculnya ruam kulit kecil-kecil yang terasa gatal. Jika tidak diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan saraf dan nyeri," lapor Jerusalem Post.

Gejala lain dari Herpes adalah sensasi terbakar di kulit yang berkepanjangan, bahkan setelah ruam sudah menghilang.

Para peneliti dari Tel Aviv Sourasky Medical Center dan Carmel Medical Center di Haifa menemukan bahwa mereka yang menderita penyakit rematik inflamasi autoimun memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi herpes.

"Jadi, dari 491 pasien rematik inflamasi autoimun yang diteliti, enam orang atau 1,2 persen dari mereka mengalami infeksi herpes," lapor peneliti.

Keenam kasus tersebut memiliki kasus ringan penyakit rematik inflamasi autoimun dan mereka masih berusia muda, padahal infeksi jenis ini biasanya dialami mereka yang berusia di atas 50 tahun.

"Itulah mengapa kami melaporkannya," tegas Dr Victoria Furer, peneliti utama studi ini.

 

1
/
2