Imbauan untuk Pendatang Baru di Jakarta, Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja

Muhammad Refi Sandi
Kamis 12 Mei 2022 19:41 WIB
Imbauan untuk Pendatang Baru di Jakarta, Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja
Kenali tanda-tanda lowongan kerja palsu. (Foto: Okezone/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat pendatang agar hati-hati penipuan berkedok lowongan kerja. Hal itu seiring banyaknya pendatang ke Jakarta usai Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Hati-hati Penipuan Lewat Lowongan Kerja. Pemprov DKI Jakarta tidak melarang pendatang baru ke Jakarta. Namun kami mengimbau, sebelum datang, pastikan kebenaran informasi terkait lowongan kerja," kata Ariza dalam laman Instagram @arizapatria, Kamis (12/5/2022).

Ariza pun membagikan tips guna memastikan kebenaran lowongan kerja. Diantaranya sumber lowongan hingga tidak ada pungutan biaya apapun alias gratis.

"Pastikan sumber lowongan terpercaya. Cek website resmi perusahaannya. Telepon, konsultasikan dengan keluarga. Tidak ada pungutan biaya sesuai UU 13 tahun 2003 (pasal 38). Cek emailnya, pastikan domainnya sama dengan yang tercantum di website perusahaan terkait," ujarnya.

"Baca dan pelajari review perusahaan di internet dan media sosial. Untuk mengetahui info lowongan resmi secara online dapat dilihat di web jaknaker.id, karirhub.kemnaker.go.id atau datang langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta atau kantor Sudinakertransgi sesuai domisili," tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah