Indonesia Belum Masuk Fase Endemi, Ini Penjelasan Kemenkes

Kevi Laras
Sabtu 17 September 2022 10:58 WIB
Indonesia Belum Masuk Fase Endemi, Ini Penjelasan Kemenkes
Indonesia belum masuk fase endemi. (Foto: celebrties.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Situasi Covid-19 di Indonesia belum dapat dipastikan melandai karena masih terjadi kenaikan kasus. Banyak masyarakat bertanya ‘Apakah Indonesia telah siap masuk ke fase endemi?’

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril menjelaskan untuk memasuki fase tersebut, harus penuhi enam syarat atau langkah yang diatur organisasi kesehatan dunia (WHO). Dia menilai Indonesia belum memenuhi keenam syarat tersebut. Sehingga dia memastikan bahwa Indonesia masih dalam fase pandemi

"Kita ini masih pandemi ya, dari parameter-parameter tadi belum semua melandai, masih ada yang tinggi," kata Jubir Kemenkes dr Syahril dalam konferensi pers di Kanal YouTube Kemenkes, Sabtu (17/9/2022).

Perlu diketahui keenam syarat WHO itu yaitu pertama vaksinasi, melakukan testing dan sequencing. Lalu memastikan sistem kesehatan untuk pelayanan Covid-19.

Kemudian mempersiapkan lonjakan kasus, melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian serta menyampaikan informasi terkait Covid-19 kepada masyarakat. Dengan begitu Syahril mengatakan bahwa Indonesia masih menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Diapun mengungkap agar bersiap untuk menyambut varian baru di 2023. 

"Termasuk varian baru 2023, kita siapkan dulu saja. Sehingga kita harus bersama-sama menghadapi risiko-risiko yang bisa terjadi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Syahril berpesan agar lekas meninggalkan pandemi, dia mendorong masyarakat segera melakukan vaksinasi booster dan patuhi protokol kesehatan.

"Jika tida meningkatkan atau memperhatikan disiplin protokol serta tidak mengejar cakupan vaksinasi. Bisa saja pandemi tidak berakhir ya," kata dr Syahril.

Editor : Tia Ayunita